SIGMA: Jurnal Pendidikan Matematika
Vol 6, No 1: Juni 2014

PENGARUH MOTIVASI DAN MINAT BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA

Hasaruddin Hafid (UNM)
Hardiani Hardiani (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Jun 2014

Abstract

Tinggi dan rendahnya hasil belajar matematika dipengaruhi oleh faktor internal dan eksternal. Beberapa faktor diantaranya adalah faktor motivasi dan minat belajar. Motivasi yang rendah dapat menimbulkan rasa malas untuk mengikuti pelajaran serta minat yang rendah dapat membuat siswa tidak aktif dalam pembelajaran. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana pengaruh motivasi dan minat belajar terhadap hasil belajar matematika pada siswa kelas V SD Negeri Kompleks IKIP Makassar baik secara sendiri-sendiri maupun secara bersamaan. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui bagaimana pengaruh motivasi dan minat belajar terhadap hasil belajar matematika pada siswa kelas V SD Negeri Kompleks IKIP Makassar baik secara sendiri-sendiri maupun secara bersamaan. Pendekatan yang digunakan dalam pelaksanaan penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif deskriptif. Adapun jenis penelitian ini adalah penelitian ex-post facto. Sampel yang menjadi penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri Kompleks IKIP Makassar, dengan jumlah siswa sebanyak empat puluh sembilan orang, Data dalam penelitian dikumpulkan melalui angket, dokumentasi, uji validitas, dan uji reliabilitas. Selanjutnya diolah dengan menggunakan teknik analisis statistik deskriptif dan inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pertama: terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara motivasi belajar terhadap hasil belajar matematika pada siswa kelas V SD Negeri Kompleks IKIP Makassar. Motivasi belajar matematika berada pada kategori sedang. Kedua: terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara minat belajar terhadap hasil belajar matematika pada siswa kelas V SD Negeri Kompleks IKIP Makassar. Minat belajar matematika berada pada kategori cukup tinggi. Ketiga: terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara motivasi belajar dan minat belajar secara bersama-sama terhadap hasil belajar matematika pada siswa kelas V SD Negeri Kompleks IKIP Makassar. Hasil belajar matematika berada pada kategori sedang.

Copyrights © 2014






Journal Info

Abbrev

sigma

Publisher

Subject

Mathematics Other

Description

The aim of this journal is to publish research in mathematics education including teaching and learning, curriculum development, learning environments, teacher education, educational technology, and educational development from many kinds of research such as survey, research and development, ...