SIGMA: Jurnal Pendidikan Matematika
Vol 4, No 1: Juni 2012

MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI PENERAPAN METODE RESITASI

Haerul Syam (Unismuh)
Herawati Herawati (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Jun 2012

Abstract

Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) yang dilakukan di SMP NegeriĀ  27 Makassar kota Makassar yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa dengan penerapan Metode Resitasi. Subjek dari penelitian ini adalah siswa Kelas VIID SMP Negeri 27 Makassar dengan jumlah siswa 35 orang pada semester ganjil Tahun Ajaran 2011/2012. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan tes hasil belajar siswa, lembar observasi, dan angket respon siswa. Dari data yang terkumpul kemudian dianalisis secara kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian yang dicapai setelah dianalisis yaitu: 1) Pada Siklus I, diperoleh skor rata-rata hasil belajar matematika siswa sebesar 65,11 berada dalam kategori sedang dengan standar deviasi 15,76 pada skor ideal 100. 2) Pada Siklus II, diperoleh skor rata-rata hasil belajar matematika siswa sebesar 81,29 berada dalam kategori tinggi dengan standar deviasi 13,67 pada skor ideal 100. Hal ini berarti terjadi peningkatan hasil belajar matematika siswa dari Siklus I ke Siklus II. 3) Keaktifan siswa selama proses belajar mengajar juga meningkat dari siklus I ke siklus II serta respon positif siswa terhadap penerapan Metode Resitasi. Dari hasil penelitian ini, secara umum dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar matematika siswa Kelas VIID SMP Negeri 27 Makassar setelah diterapkan Metode Resitasi.

Copyrights © 2012






Journal Info

Abbrev

sigma

Publisher

Subject

Mathematics Other

Description

The aim of this journal is to publish research in mathematics education including teaching and learning, curriculum development, learning environments, teacher education, educational technology, and educational development from many kinds of research such as survey, research and development, ...