SIGMA: Jurnal Pendidikan Matematika
Vol 4, No 1: Juni 2012

PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI PENDEKATAN PROBLEM SOLVING SECARA BERKELOMPOK

Hasaruddin Hafid (UNM)
Erna Wiyati (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Jun 2012

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research) yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika melalui pendekatan problem solving pada siswa kelas VIIA SMP Negeri 1 Barombong pada semester ganjil tahun ajaran 2011/2012  dengan subyek penelitian sebanyak 38 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa penggunaan lembar observasi pada saat berlangsungnya proses pembelajaran dan tes yang diberikan pada setiap akhir siklus. Selanjutnya data yang diperoleh dianalisis menggunakan analisis kualitatif dan analisis kuantitatif. Hasil yang diperoleh melalui analisis deskriptif sebagai berikut: (1) Hasil belajar matematika siswa kelas VIIA SMP Negeri 1 Barombong pada siklus II berada pada kategori sedang dengan nilai rata-rata 73,39 dari jumlah siswa 38 orang dengan nilai tertinggi 96 dan nilai  terendah 35 dengan standar deviasi 13,89, (2) Adanya peningkatan hasil belajar  matematika siswa kelas VIIA SMP Negeri 1 dari siklus I ke siklus II terdapat 26 siswa (68,42%)belum tuntas belajar, 12 siswa (31,58%) telah tuntas belajar dan pada siklus II terdapat 5 siswa (13,16%) belum tuntas belajar, 33 siswa (86,84%) telah tuntas belajar. Data hasil observasi menunjukkan adanya peningkatan jumlah kehadiran siswa, kesungguhan dan keberanian siswa dalam proses belajar mengajar mengalami peningkatan dalam mengajukan pertanyaan mengenai materi yang belum dimengerti, dan siswa yang aktif pada saat kerja kelompok mengalami peningkatan. Dari hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa pendekatan problem solving dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas VIIA SMP Negeri 1  Barombong.

Copyrights © 2012






Journal Info

Abbrev

sigma

Publisher

Subject

Mathematics Other

Description

The aim of this journal is to publish research in mathematics education including teaching and learning, curriculum development, learning environments, teacher education, educational technology, and educational development from many kinds of research such as survey, research and development, ...