Masalah utama dalam penelitian ini yaitu bagaimana menerapkan pembelajaran kooperatif tipe jigsaw untuk meningkatkan keaktifan siswa dalam pembelajaran matematika siswa kelas VIIB SMP Negeri 1 Gantarangkeke Kabupaten Bantaeng. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan siswa dalam pembelajaran matematika siswa kelas VIIB SMP Negeri 1 Gantarangkeke Kabupaten Bantaeng. Jenis penelitian ini adalah penelitian tidakan kelas yang terdiri dari dua siklus dimana setiap siklus dilaksanakan sebanyak tiga kali pertemuan. Prosedur penelitian meliputi perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIIB SMP Negeri 1 Gantarangkeke Kabupaten Bantaeng pada semester ganjil tahun pelajaran 2011/2012 dengan jumlah siswa 16 orang yang terdiri dari 5 perempuan dan 11 laki-laki. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pada siklus pertama persentase keaktifan siswa yang meliputi, siswa yang hadir pada saat pembelajaran 83,33%, siswa yang serius pada saat pembelajaran 41,67%, siswa yang mencatat hal-hal penting 52,08%, siswa yang bertanya tentang materi yang belum dimengerti dalam diskusi 29,16%, siswa yang aktif pada saat diskusi 50%, siswa yang membantu temannya mengerjakan LKS 29,16%, siswa yang melakukan kegiatan lain 27,08%, dan siswa yang mengerjakan tugas 68,75%. Pada siklus kedua persentase keaktifan siswa yang meliputi, siswa yang hadir pada saat pembelajaran 97,92%, siswa yang serius pada saat pembelajaran 75%, siswa yang mencatat hal-hal penting 81,25%, siswa yang bertanya tentang materi yang belum dimengerti dalam diskusi 45,83%, siswa yang aktif pada saat diskusi 75%, siswa yang membantu temannya mengerjakan LKS 56,25%, siswa yang melakukan kegiatan lain 22,92%, dan siswa yang mengerjakan tugas 91,67%. Berdasarkan hasil penelitian diatas, dapat disimpulakn keaktifan siswa kelas VIIB SMP Negeri 1 Gantarangkeke Kabupaten Bantaeng melalui pembelajaran kooperatif tipe jigsaw mengalami peningkatan.
Copyrights © 2015