Jurnal Ilmu Komunikasi
Vol 8, No 1 (2010)

Kontestasi Makna dan Dramatisme Komunikasi Politik tentang Reformasi di Indonesia

Basuki Agus Suparno (Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Yogyakarta)



Article Info

Publish Date
07 Feb 2014

Abstract

Penelitian ini mendeskripsikan studi komunikasi politik yang berfokus pada bahasa politik dan melibatkan interpretasi serta benturan argumen kejadian Reformasi di Indonesia. Secara faktual, masalah sosial dapat disebabkan penafsiran terhadap arti. Pertengkaran, persepsi yang salah, kesalahpahaman, bahkan konflik, serta perang dapat menjadi penyebab interpretasi makna. Penelitian ini menggunakan metode analisis pentad yang meneliti hubungan analitik di antara adegan, tindakan, agen, agency, dan tujuan. Analisisnya bahwa banyak kelompok yang berbeda memiliki perhatian yang berbeda pada kontestasi dengan Reformasi sebagai dasar umum dalam mendapatkan ujungnya. Hasil menunjukkan bahwa ada lima situasi objektif yang membentuk konteks Reformasi yang mencerminkan kontenstasi dasar dari adegan atau tahap di mana terjadi kontestasi Reformasi. Pertama, mahasiswa demonstrasi yang bertahan untuk Presiden Soeharto untuk mundur. Kedua, IMF dan Bank Dunia ingin meliberalisasiplatform ekonomi di Indonesia. Ketiga, kerusuhan dan kerusakan besar terjadi di banyak tempat membuat tekanan untuk Soeharto. Ini menunjukkan konteks pertentangan antara aktor yang berperan sebagai pembangkang sipil dan keadilan sosial. Keempat, Golkar sebagai organisasi sayap Soeharto yang menunjuknya sebagai presiden. Kelima, militer frustasi dalam menghadapi perubahan demonstrasi dan politik. Lima tujuan membentuk situasi kondisi yang mendesak Soeharto mundur. Penelitian ini mendalami makna yang tersirat terkait dengan politik, sejarah, dan komunikasi dalam konteks gerakan sosial.

Copyrights © 2010






Journal Info

Abbrev

komunikasi

Publisher

Subject

Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Jurnal Ilmu Komunikasi focuses on writings that contain current research and thinking in the fields of: Communication Science, including media and journalism studies, audio and audiovisual broadcasting studies, public relations studies and advertising studies; Design of Visual Communication; ...