JURNAL PEMASARAN KOMPETITIF
Vol 5, No 2 (2022): Jurnal Pemasaran Kompetitif

Pengaruh Faktor Pribadi dan Faktor Psikologis Terhadap Keputusan Pembelian Album Fisik Boy Group EXO di Indonesia

Rhodiatul Haida (Universitas Lampung)
Aida Sari (Universitas Lampung)
Rinaldi Bursan (Universitas Lampung)
Nuzul Inas Nabila (Universitas Lampung)



Article Info

Publish Date
01 Feb 2022

Abstract

Kpop (Korean Pop) saat ini sangat digemari berbagai kalangan penikmat musik di seluruh dunia. Popularitas musik Kpop menyebabkan maraknya pembelian album fisik (CD) dikalangan para fans Kpop. EXO merupakan salah satu boy group dengan penjualan album fisik yang sangat mengagumkan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor yang mendorong keputusan pembelian album fisik boy group EXO di era digital, faktor yang diteliti yaitu faktor pribadi dan faktor psikologis. Penelitian ini menggunakan metode non-probability sampling dengan teknik purposive sampling, dengan sampel sebanyak 100 responden yang memiliki album fisik EXO dan berdomisili di Indonesia. Hasil penelitian ini mendukung hipotesis yang diajukan dalam penelitian. Dibuktikan dengan nilai F 150.442 dengan angka signifikan sebesar 0.000. Hasil analisis diperoleh bahwa faktor pribadi dan faktor psikologis memiliki pengaruh sebesar 75% terhadap keputusan pembelian album fisik EXO dengan nilai pengaruh terbesar yaitu faktor psikologis. Hasil penemuan ini diharapkan dapat digunakan sebagai bahan pertimbangan untuk melakukan pengembangan strategi yang lebih efektif dalam upaya menaikkan penjualan album fisik di era digital.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JPK

Publisher

Subject

Humanities Economics, Econometrics & Finance

Description

JURNAL PEMASARAN KOMPETITIF adalah jurnal yang diterbitkan Prodi Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Pamulang. Kajian Ekonomi Manajemen Khusus Penelitian Ekonomi Ilmu Manajemen Pemasaran dengan ISSN 2598-0823 (cetak) dan eISSN 2598-0823 (Online), Fokus dan cakupan Jurnal Sekuritas yaitu ...