JURNAL PEMASARAN KOMPETITIF
Vol 5, No 2 (2022): Jurnal Pemasaran Kompetitif

Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pasien Klinik Khitanan Paramedika Bandung (Studi Pada Klinik Khitan Paramedika)

Noviani Siti Sundari (Politeknik Piksi Ganesha Bandung)



Article Info

Publish Date
01 Feb 2022

Abstract

Studi ini bermaksud untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan pasien Klinik Khitan Paramedika. Metode penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Sampel dalam pengkajian ini sebanyak 30 responden.Teknik penentuan sampel memakai cara purposive sampling.Teknik analisis data yang dipakai yaitu uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, uji hiptesis t  dan F, uji koefisien korelasi, dan uji koefisien determinasi dengan menggunakan alat bantu aplikasi SPSS Versi 23.Bersumber pada hasil studi informasi dampak kualitas pelayanan terhadap kepuasan pasien klinik khitan paramedika menjelaskan bahwa data berdistribusi normal dan berpengaruh positif. Nilai koefisien korelasi sebesar 0,899 menunjukan bahwa tingkat hubungan pengaruh kuat antara kualitas pelayanan dengan kepuasan pasien. Nilai koefisien determinasi adalah 80,8 % yang menyatakan bahwa kontribusi kualitas pelayanan mempengaruhi kepuasan pasien senilai 80,8%, sementara sisanya 19,2 % didominasi oleh faktor lain yang tidak dikaji. Kata Kunci : Kualitas Pelayanan; Kepuasan Pasien

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JPK

Publisher

Subject

Humanities Economics, Econometrics & Finance

Description

JURNAL PEMASARAN KOMPETITIF adalah jurnal yang diterbitkan Prodi Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Pamulang. Kajian Ekonomi Manajemen Khusus Penelitian Ekonomi Ilmu Manajemen Pemasaran dengan ISSN 2598-0823 (cetak) dan eISSN 2598-0823 (Online), Fokus dan cakupan Jurnal Sekuritas yaitu ...