Jurnal Ilmu Komunikasi
Vol 8, No 1 (2010)

Berita Kekerasan dalam Rumah Tangga di Harian Kompas

Fatmah Yeni Geruh (Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Yogyakarta)
Susilastuti Dwi N (Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Yogyakarta)
Basuki Basuki (Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Yogyakarta)



Article Info

Publish Date
07 Feb 2014

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan isi berita tentang kekerasan dalam rumah tangga yang dimuat di harian Kompas periode 1 Maret-31 Agustus 2009. Metode penelitian berupa analisis isi dan pengamatan pada berita kekerasan domestik secara keseluruhan. Satuan analisis dari penelitian ini adalah penulisan judul, jenis cakupan, nilai berita, format berita, jenis kekerasan, sumber, pelaku, korban, pekerjaan pelaku, korban pekerjaan, dan penyebab atau latar belakang terjadinya kekerasan domestik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa; (1) berdasarkan penulisan berita utama di koran Kompas, kategori straightnews lebih disajikan dalam 32 bentuk berita atau memuat 88,8 persen; (2) persentase dominan sumber berita pada surat kabar harian Kompas cenderung bersifat kombinasi berbagai sumber yang ada, seperti aktor, pemerintah, keluarga korban, dan lainnya, dan yang memuat berita sebanyak 22 atau 61,1 persen. Hal ini membuktikan bahwa sumber surat kabar harian Kompas hendaknya menjaga prinsip berita berimbang. Kategori aktor kekerasan kebanyakan datang dari suami ditunjukkan dari 20 item berita atau 55,5 persen, sedangkan sebagian besar korban kekerasan adalah istri dari 13 item berita atau 36,1 persen.

Copyrights © 2010






Journal Info

Abbrev

komunikasi

Publisher

Subject

Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Jurnal Ilmu Komunikasi focuses on writings that contain current research and thinking in the fields of: Communication Science, including media and journalism studies, audio and audiovisual broadcasting studies, public relations studies and advertising studies; Design of Visual Communication; ...