Koran melakukan reka bentuk untuk memperbaiki perwajahannya agar lebih menarik jika tidak ingin ditinggalkan pembacanya. Mulai dari perubahan desain, layout hingga penyesuaian rubrikasi yang relevan dengan tuntutan perubahan dan diterima khalayak. Tujuan penelitian untuk mengetahui perwajahan media Koran Pikiran Rakyat (“PR”) di era Covid-19. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Hasil penelitian, Koran “PR” mengubah perwajahan media karena faktor perkembangan teknologi informasi, internet, perubahan budaya baca dan tekanan masa pandemi Covid-19. Penerapan Desain, “PR” mengubah judul berita lebih singkat, ukuran foto besar dan terkait berita, serta memperbanyak infografis. Iklan dan promosi, mengacu stylebook iklan perusahaan. “PR” memilih warna-warna lembut dan hitam-putih. Untuk gaya desain, tampil simpel, namun elegan. Penerapan Layout, “PR” menyajikan halaman khusus pandemi Covid-19 bernama “Ubah Laku”. Inside pages, terjadi perubahan rubrikasi karena halaman berkurang dari 16 menjadi 12. “PR” memperbanyak ruang kosong, perubahan elemen garis dan perubahan kode wartawan. “PR” juga membuat variasi penempatan “Indeks” dan ragam layout halaman.
Copyrights © 2021