Unnes Journal of Mathematics Education
Vol 2 No 1 (2013): Unnes Journal of Mathematics Education

KOMPARASI MODEL PEMBELAJARAN CTL DAN MEA TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATERI LINGKARAN

Rusyida, Wilda Yulia (Unknown)
Asikin, Mohammad (Unknown)
Soedjoko, Edy (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Mar 2013

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah pembelajaran ContextualTeaching and Learning (CTL) dan Model Eliciting Activities (MEA) pada siswakelas VIII materi keliling dan luas lingkaran dapat mencapai ketuntasan belajardan untuk mengetahui manakah yang lebih baik antara pembelajaran ContextualTeaching and Learning (CTL) dan Model Eliciting Activities (MEA). Populasidalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP N 1 Ungaran tahun pelajaran2012/2013. Dengan menggunakan cluster random sampling terpilih sampel yaitusiswa kelas VIIIG dan VIIIH sebagai kelas eksperimen 1 dan kelas eksperimen 2.Dari hasil uji ketuntasan belajar diperoleh siswa kelas eksperimen 1 dan 2mencapai nilai KKM, yaitu 80. Dari hasil uji kesamaan rata-rata satu pihakdiperoleh rata-rata kemampuan pemecahan masalah siswa kelas eksperimen 1lebih baik daripada rata-rata kemampuan pemecahan masalah siswa kelaseksperimen 2. Simpulan yang diperoleh adalah pembelajaran CTL dan MEApada materi keliling dan luas lingkaran dapat mencapai nilai KKM danpembelajaran CTL lebih baik dari pembelajaran dengan MEA.

Copyrights © 2013






Journal Info

Abbrev

ujme

Publisher

Subject

Mathematics

Description

Unnes Journal of Mathematics Education (UJME) publishes research issues on mathematics education. The UJME processes manuscripts resulted from a research in mathematics education scope, which includes, but is not limited to the topics of didactic development research (DDR), research and development ...