Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektifan model pembelajaran Rotating Trio Exchange (RTE) yang diintegrasikan dengan alat peraga pada materi jarak terhadap hasil belajar siswa. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri 1 Gombong yang sampelnya dipilih secara random cluster. Hasil belajar diambil berdasarkan metode tes. Teknik analisis data menggunakan uji proporsi, uji banding anava, dan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan kelas yang diberi perlakuan model RTE mencapai ketuntasan, rataan kelas eksperimen-1 lebih baik daripada kelas kontrol, rataan kelas eksperimen-2 lebih baik daripada kelas kontrol, rataan kelas eksperimen-1 lebih baik daripada kelas eksperimen-2, dan rataan kelas eksperimen-1 terbaik di antara ketiga kelas. Saran yang dapat direkomendasikan adalah penyampaian materi jarak dapat menggunakan model RTE berbantuan alat peraga dan model RTE dapat dilakukan pada pembelajaran materi lainnya dengan adanya variasi dan inovasi.
Copyrights © 2013