Unnes Journal of Mathematics Education
Vol 2 No 1 (2013): Unnes Journal of Mathematics Education

KEEFEKTIFAN MODEL RTE BERBANTUAN MAGIC BOX PADA MATERI JARAK TERHADAP HASIL BELAJAR

Zoraida, Desti Anisa (Unknown)
Suyitno, Amin (Unknown)
Hendikawati, Putriaji (Unknown)



Article Info

Publish Date
03 Mar 2013

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektifan model pembelajaran Rotating Trio Exchange (RTE) yang diintegrasikan  dengan alat peraga pada materi jarak terhadap hasil belajar siswa. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri 1 Gombong yang sampelnya dipilih secara random cluster. Hasil belajar diambil berdasarkan metode tes. Teknik analisis data menggunakan uji proporsi, uji banding anava, dan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan kelas yang diberi perlakuan model RTE mencapai ketuntasan, rataan kelas eksperimen-1 lebih baik daripada kelas kontrol, rataan kelas eksperimen-2 lebih baik daripada kelas kontrol, rataan kelas eksperimen-1 lebih baik daripada kelas eksperimen-2, dan rataan kelas eksperimen-1 terbaik di antara ketiga kelas. Saran yang dapat direkomendasikan adalah penyampaian materi jarak dapat menggunakan model RTE berbantuan alat peraga dan model RTE dapat dilakukan pada pembelajaran materi lainnya dengan adanya variasi dan inovasi.

Copyrights © 2013






Journal Info

Abbrev

ujme

Publisher

Subject

Mathematics

Description

Unnes Journal of Mathematics Education (UJME) publishes research issues on mathematics education. The UJME processes manuscripts resulted from a research in mathematics education scope, which includes, but is not limited to the topics of didactic development research (DDR), research and development ...