Unnes Journal of Mathematics Education
Vol 3 No 1 (2014): Unnes Journal of Mathematics Education

KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN MEA BERBANTUAN LEMBAR KEGIATAN PESERTA DIDIK TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF

Lestari, Dewi Indah (Unknown)
Supriyono, Supriyono (Unknown)
Sugiharti, Endang (Unknown)



Article Info

Publish Date
03 Mar 2014

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil tes kemampuan berpikir kreatif peserta didik yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran MEA berbantuan Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD) pada materi sukubanyak mencapai kriteria ketuntasan minimal (KKM); untuk mengetahui hasil tes kemampuan berpikir kreatif peserta didik yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran ekspositori pada materi sukubanyak mencapai kriteria ketuntasan minimal (KKM); untuk mengetahui hasil tes kemampuan berpikir kreatif peserta didik yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran MEA berbantuan Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD) pada materi sukubanyak lebih baik daripada hasil tes kemampuan berpikir kreatif peserta didik yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran ekspositori.  Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas XI IPA SMA N 1 Kendal tahun pelajaran 2012/2013.  Sampel dalam penelitian ini diambil dengan teknik cluster random sampling. Data diperoleh dengan metode dokumentasi untuk analisis data awal dan metode tes untuk analisis data akhir.  Dari hasil penelitian dan pembahasan diperoleh kesimpulan bahwa pembelajaran matematika dengan menggunakan model pembelajaran MEA berbantuan Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD) efektif untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif peserta didik pada materi sukubanyak.  Saran yang diberikan adalah dalam melaksanakan pembelajaran MEA guru sebaiknya dapat melakukan pengaturan waktu dengan baik serta lebih memotivasi peserta didik untuk lebih aktif.

Copyrights © 2014






Journal Info

Abbrev

ujme

Publisher

Subject

Mathematics

Description

Unnes Journal of Mathematics Education (UJME) publishes research issues on mathematics education. The UJME processes manuscripts resulted from a research in mathematics education scope, which includes, but is not limited to the topics of didactic development research (DDR), research and development ...