Tujuan penelitian ini adalah mengetahui bahwa kemampuan komunikasi matematis peserta didik yang mendapatkan model pembelajaran Learning Cycle berbantuan alat peraga materi bangun ruang mencapai ketuntasan belajar dan mengetahui bahwa kemampuan komunikasi matematis peserta didikyang mendapatkan model pembelajaran Learning Cycle berbantuan alat peraga lebih baik daripada kemampuan komunikasi matematis peserta didik yang mendapatkan pembelajaran ekspositori berbantuan alat peraga. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII SMP Negeri 1 Selomerto tahun pelajaran 2012/2013 yang tersebar dalam enam kelas. Penelitian ini menggunakan desain Quasi Eksperimen mengacu tipe Posttest-Only Control Design. Sampel dalam penelitian ini diambil secara cluster random sampling, terpilih peserta didik kelas VIII E sebagai kelas kontrol mendapatkan pembelajaran ekspositori berbantuan alat peraga dan peserta didik kelas VIII F sebagai kelas eksperimen dengan pembelajaran model Learning Cycle berbantuan alat peraga.Uji ketuntasan belajar menunjukkan bahwa kemampuan komunikasi matematis peserta didik kelas eksperimen telah mencapai ketuntasan belajar. Uji perbedaan rata-rata menunjukkan bahwa kemampuan komunikasi matematis peserta didik kelas eksperimen lebih baik daripada kemampuan komunikasi matematispeserta didik kontrol. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan komunikasi matematis peserta didik kelas eksperimen telah mencapai ketuntasan belajar dan kemampuan komunikasi matematis peserta didik kelas eksperimen lebih baik dari kelas kontrol.
Copyrights © 2014