Unnes Journal of Mathematics Education
Vol 4 No 2 (2015): Unnes Journal of Mathematics Education

KEEFEKTIFAN GUIDED DISCOVERY BERBANTUAN SMART STICKER TERHADAP RASA INGIN TAHU DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS VII

Afrida, Anisa Nur (Unknown)
Sugiarto, Sugiarto (Unknown)
Soedjoko, Edy (Unknown)



Article Info

Publish Date
03 Aug 2015

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektifan model guided discovery berbantuan smart sticker terhadap rasa ingin tahu siswa dan kemampuan berpikir kritis siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 1 Slawi tahun pelajaran 2014/2015. Dengan menggunakan teknik random sampling terpilih dua kelas sampel yaitu kelas VII 5 sebagai kelas eksperimen yang menggunakan model discovery learning berbantuan resitasi dan kelas VII 4 sebagai kelas kontrol yang menggunakan model pembelajaran ekspositori. Data dalam penelitian ini diperoleh dengan menggunakan metode dokumentasi, tes , angket dan observasi. Analisis data akhir dilakukan dengan: (1) Uji z, untuk menguji ketuntasan klasikal; 2) Uji t perbedaan rata-rata, untuk menguji perbedaan kemampuan berpikir kritis antara kelas eksperimen dan kelas kontrol dan (3) Uji t perbedaan rata-rata, untuk menguji perbedaan rasa ingin tahu antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guided discovery berbantuan smart sticker efektif terhadap rasa ingin tahu dan kemampuan berpikir, karena siswa kelas eksperimen telah mencapai ketuntasan klasikal; dan kemampuan berpikir kritis dan rasa ingin tahu siswa siswa pada kelas eksperimen lebih baik daripada kelas kontrol

Copyrights © 2015






Journal Info

Abbrev

ujme

Publisher

Subject

Mathematics

Description

Unnes Journal of Mathematics Education (UJME) publishes research issues on mathematics education. The UJME processes manuscripts resulted from a research in mathematics education scope, which includes, but is not limited to the topics of didactic development research (DDR), research and development ...