Unnes Journal of Mathematics Education
Vol 4 No 3 (2015): Unnes Journal of Mathematics Education

KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN TAPPS STRATEGI REACT TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS PESERTA DIDIK KELAS VIII MATERI LINGKARAN

Isnaeni, Ari (Unknown)
Mashuri, Mashuri (Unknown)
Hendikawati, Putriaji (Unknown)



Article Info

Publish Date
02 Nov 2015

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui keefektifan pembelajaran TAPPS strategi REACT terhadap kemampuan komunikasi matematis peserta didik kelas VIII pada materi lingkaran. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII SMPN 3 Ungaran tahun ajaran 2014/2015 yang sampelnya diambil secara cluster random sampling. Kemampuan komunikasi matematis peserta didik diambil berdasarkan metode tes. Hasil dari penelitian ini adalah: pembelajaran TAPPS strategi REACT tuntas dan rata-rata kemampuan komunikasi matematis peserta didik mencapai KKM; persentase ketuntasan belajar peserta didik padapembelajaran TAPPS strategi REACT lebih tinggi daripada persentaseketuntasan belajar peserta didik pada pembelajaran DI; serta rata-ratakemampuan komunikasi matematis peserta didik pada pembelajaran TAPPS strategi REACT lebih tinggi daripada rata-rata kemampuan komunikasi matematis peserta didik pada pembelajaran DI. Hasil tersebut menunjukkan bahwa: (1) pembelajaran TAPPS strategi REACT efektif terhadap kemampuan komunikasi matematis peserta didik pada sub materi garis singgung lingkaran; dan (2) pembelajaran TAPPS strategi REACT lebih efektif daripada pembelajaran DI terhadap kemampuan komunikasi matematis peserta didik.

Copyrights © 2015






Journal Info

Abbrev

ujme

Publisher

Subject

Mathematics

Description

Unnes Journal of Mathematics Education (UJME) publishes research issues on mathematics education. The UJME processes manuscripts resulted from a research in mathematics education scope, which includes, but is not limited to the topics of didactic development research (DDR), research and development ...