Unnes Journal of Mathematics Education
Vol 4 No 3 (2015): Unnes Journal of Mathematics Education

KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN MODEL MISSOURI MATHEMATICS PROJECT BERBANTUAN POMAT TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA KELAS VII SMP PADA MATERI SEGITIGA

Hapsari, Desy Trya (Unknown)
Supriyono, Supriyono (Unknown)
Hendikawati, Putriaji (Unknown)



Article Info

Publish Date
04 Nov 2015

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kemampuan berpikir kreatif siswa dengan model pembelajaran MMP dapat mencapai ketuntasan secara klasikal, mengetahui kemampuan berpikir kreatif siswa dengan model pembelajaran MMP lebih baik daripada kemampuan berpikir kreatif siswa yang memperoleh pembelajaran dengan pembelajaran ekspositori, dan mengetahui terdapat pengaruh keaktifan siswa dengan model MMP terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa. Populasi penelitian ini siswa kelas VII SMP N 14 Semarang tahun pelajaran 2014/2015. Dengan teknik cluster random sampling, terpilih sampel kelas VII-E sebagai kelas eksperimen yang diterapkan model MMP berbantuan media pomat dan kelas VII-G sebagai kelas kontrol yang diterapkan pembelajaran ekspositori. Hasil uji ketuntasan klasikal, diperoleh ketuntasan belajar dalam kemampuan berpikir kreatif siswa pada kelas eksperimen. Hasil uji perbedaan dua rata-rata, diperoleh rata-rata kemampuan berpikir kreatif siswa kelas eksperimen lebih tinggi daripada kelas kontrol. Hasil analisis regresi linier sederhana, diperoleh adanya pengaruh positif keaktifan siswa kelas eksperimen terhadap kemampuan berpikir kreatif. Simpulan diperoleh pembelajaran dengan model MMP mencapai ketuntasan, rata-rata kemampuan berpikir kreatif siswa model MMP lebih tinggi dari pada rata-rata kemampuan berpikir kreatif siswa pada pembelajaran ekspositori, dan terdapat pengaruh positif keaktifan siswa model pembelajaran MMP terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa.

Copyrights © 2015






Journal Info

Abbrev

ujme

Publisher

Subject

Mathematics

Description

Unnes Journal of Mathematics Education (UJME) publishes research issues on mathematics education. The UJME processes manuscripts resulted from a research in mathematics education scope, which includes, but is not limited to the topics of didactic development research (DDR), research and development ...