Unnes Journal of Mathematics
Vol 10 No 2 (2021)

Analisa perbandingan k-means dan fuzzy c-means dalam pengelompokan daerah penyebaran COVID-19 Indonesia

Putri, Aina Latifa Riyana (Unknown)
Dwidayati, Nurkaromah (Unknown)



Article Info

Publish Date
27 Dec 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui algoritma terbaik dalam pengelompokan daerah penyebaran Covid-19 per provinsi di Indonesia yang mana dilakukan berdasarkan fakta dimana saat ini Indonesia diguncangkan oleh mewabahnya Covid-19. Metode analisis data melakukan perbandingan antara algoritma k-Means dan Fuzzy c-Means dengan uji validitas cluster menggunakan Dunn-Index dan Davies Bouldin-Index untuk memperoleh hasil cluster optimal berbantuan Rstudio. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengujian clustering k-Means menghasilkan nilai akurasi yang lebih besar sebesar 1,165219 dibandingkan Fuzzy c-Means. Sehingga clustering k-Means diambil untuk menentukan pengelompokan daerah penyebaran Covid-19 per provinsi Indonesia. Diperoleh 4 cluster optimal berdasarkan beberapa data kasus Covid-19 dari 15 Maret 2020 - 30 Juli 2021 menggunakan metode Elbow yang terbentuk dengan algoritma k-Means yaitu cluster yang berpotensi sangat tinggi dalam penyebaran kasus Covid-19 berisi 2 provinsi, cluster yang berpotensi tinggi dalam penyebaran kasus Covid-19 berisi 22 provinsi, cluster yang berpotensi sedang dalam penyebaran kasus Covid-19 berisi 8 provinsi, dan cluster yang berpotensi rendah dalam penyebaran kasus Covid-19 berisi 2 provinsi. Saran yang diberikan sebaiknya pemerintah lebih menertibkan lockdown hingga giat edukasi perihal vaksin sebagai alternatif cara untuk menekan kasus Covid-19.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

ujm

Publisher

Subject

Mathematics

Description

Unnes Journal of Mathematics (UJM) publishes research issues on mathematics and its apllication. The UJM processes manuscripts resulted from a research in mathematics and its application scope, which includes. The scopes include research in: 1. Algebra 2. Analysis 3. Discrete Mathematics and Graph ...