Penelitian ini bertujuan untuk merekonstruksi pola perilaku ekonomi masyarakat di masa pandemic covid-19. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif dengan studi kepustakaan (literatur). Analisis data dilakukan dengan menggunakan teknik analisis sistematik literature review. Melalui metode ini, penelitian menginterpretasikan studi-studi yang berkaitan dengan perilaku produsen maupun konsumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa umunya masyarakat mengalami perubahan pola perilaku dalam menjalankan aktivitas ekonomi di masa pandemi covid-19. Perilaku masyarakat Indonesia, baik produsen maupun konsumen pada masa pandemic lebih bersikap introvert, karena itu mereka cenderung bersikap low contact dengan menjalankan aktivitasnya di rumah, termasuk dalam melakukan kegiatan jual beli cenderung dilakukan dengan memanfaatkan media aplikasi online. Pola hubungan seperti ini, dinilai lebih aman dari penularan virus covid-19. Disamping itu,  juga lebih mengutamakan membeli produk-produk untuk pemenuhan kebutuhan dasar.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2022