Penelitian ini dilatarbelakangi rendahnya rasa percaya diri dan kemampuan komunikasimatematis siswa kelas XI PM I SMK N 1 Batang. Untuk mengatasi masalah tersebutdilakukan penelitian tindakan melalui strategi PKB pada pembelajaran matematika. Penelitianini bertujuan untuk meningkatkan rasa percaya diri dan kemampuan komunikasi matematissiswa.Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus, siklus pertama terdiri atas 3 kali pertemuan dansiklus kedua 3 kali pertemuan. Instrumen penelitian ini adalah angket rasa percaya diri, teskemampuan komunikasi matematis siswa dan lembar keterlaksanaan pembelajaranmenggunakan strategi PKB. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi,wawancara, dokumentasi, tes dan angket.Hasil penelitian menunjukkan rasa percaya diri siswa mengalami peningkatan sebesar16,15% dari siklus I ke siklus II, komunikasi matematis siswa mengalami peningkatan sebesar16,29% dari siklus I ke siklus II, dan persentase ketuntasan belajar siswa juga mengalamipeningkatan sebesar 43% dari siklus I ke siklus II.Penggunakan strategi peningkatan kemampuan berfikir (PKB) berbantuan kartu dominobisa direkomendasikan sebagai salah satu tipe/cara pembelajaran yang memberi kesempatanpada siswa untuk berperan aktif dalam proses pembelajaran. Keunggulan strategi ini adalahoptimalisasi partisipasi siswa.
Copyrights © 2017