Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi Game Board History; meningkatkanketerampilan sosial peserta didik; dan meningkatkan hasil belajar IPS peserta didik kelas VIII CSMPN 1 Kandeman.Inovasi ini merupakan PTK, menggunakan desain spiral Kemmis & taggart. Subyek penelitianadalah 35 peserta didik kelas VIII C SMPN 1 Kandeman. Terdiri atas dua siklus masing-masingsiklus terdapat dua kali pertemuan. Setiap siklus menggunakan empat tahap yaitu: perencanaan,pelaksanaan tindakan, pengamatan dan refleksi. Tindakan dilaksanakan pada bulan April s.d Mei2018. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes hasil belajar, dandokumentasi.Hasil penelitian diperoleh (1) Pembelajaran Game Board History dapat diimplementasikanpada pembelajaran IPS Kelas VIII C SMPN 1 Kandeman, ada peningkatan rata-rata dari enamtahapan Game Board History, pada siklus 1 rerata 72,92 (baik) dan siklus II rerata 91, 66 (sangatbaik); (2) Ada peningkatan rata-rata dari sepuluh indikator amatan keterampilan sosial pesertadidik, pada siklus I rerata skor 59,00 (terampil) dan siklus II rerata skor 80,71 (sangat terampil).(3) Ada peningkatan ketuntasan hasil belajar IPS peserta didik, pada siklus I ketuntasan belajar71,43% dengan rerata nilai 78,86 dan siklus II 88,57% dengan rerata nilai 87,14.Saran bagi pembaca adalah sebagai berikut: Game Board History dapat diterapkan padasemua mata pelajaran tidak hanya IPS, dimana pembelajaran tersebut terdapat konsep materi yangcukup banyak, sedangkan peserta didik kesulitan dalam memahaminya, tinggal jumlah rodabundar dapat disesuaikan dengan kebutuhan, dapat ditambah maupun dikurangi.
Copyrights © 2018