Diskursus: Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia
Vol 1, No 02 (2018): Diskursus: Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia

Pengaruh Penguasaan Kosa Kata dan Tata Bahasa terhadap Kemampuan Menulis Teks Eksposisi

Neni Kurniati (Fakultas Pascasarjana, Universitas Indraprasta PGRI)



Article Info

Publish Date
28 Nov 2019

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penguasaan kosakata terhadap kemampuan menulis teks eksposisi. Untuk mengetahui pengaruh penguasaan tata bahasa terhadap kemampuan menulis teks eksposisi, dan untuk mengetahui pengaruh penguasaan kosakata dan tata bahasa secara bersama-sama terhadap kemampuan menulis teks eksposisi. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survei. Sampel sebanyak 88 orang siswa yang dipilih secara acak/random dari seluruh siswa smp negeri dikota Serang. Pengumpulan data dilakukan dengan melakukan test langsung kepada sampel. Untuk tes penguasaan kosakata dan tata bahasa menggunakan instrumen multiple choice atau tes pilihan ganda, sedangkan tes kemampuan menulis teks eksposisi menggunakan tes uraian tertulis. Hasil penelitian menunjukan: 1) terdapat pengaruh yang signifikan penguasaan kosakata dan tata bahasa secara bersama-sama terhadap kemampuan menulis teks eksposisi siswa smp negeri kota Serang. Hal ini dibuktikan dengan perolehan nilai sig 0,000< 0,05 dan Fh = 15,056. Secara bersama-sama penguasaan kosakata dan tata bahasa memberikan kontribusi sebesar 26,2% terhadap variable kemampuan menulis teks eksposisi. 2) terdapat pengaruh yang signifikan penguasaan kosakata terhadap kemampuan menulis teks eksposisi siswa smp negeri kota Serang. Hal ini dibuktikan dengan perolehan nilai sig. 0,000 < 0,05 dan th =4,008. Variable penguasaan kosakata memberikan kontribusi sebesar 17,5% dalam meningkatkan kemampuan menulis teks eksposisi. 3) terdapat pengaruh yang signifikan penguasan tata bahasa terhadap kemampuan menulis teks eksposisi siswa smp negeri kota Serang. Hal ini dibuktikan dengan nilai sig. 0,008 < 0,005 dan th= 2,733. Variable penguasaan tata bahasa memberikan kontribusi sebesar 9,14% dalam meningkatkan kemampuan menulis teks eksposis

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

diskursus

Publisher

Subject

Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Diskursus: Jurnal Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia is a peer-reviewed scientific open access journal. The journal is dedicated to publishing original articles concerned with research, theory development, or program applications related to Indonesian Language teaching in across ...