Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) Kesalahan penggunaan tanda baca pada karangan deskripsi siswa SMP Negeri di Kabupaten Tangerang. 2) Kesalahan penggunaan kosakata pada karangan deskripsi siswa SMP Negeri di Kabupaten Tangerang. 3) Tingkat kesalahan penggunaan tanda baca pada karangan deskripsi siswa SMP Negeri di Kabupaten Tangerang. 4) Tingkat kesalahan penggunaan kosakata pada karangan deskripsi siswa SMP Negeri di Kabupaten Tangerang. Sampel yang digunakan 60 siswa dengan metode deskriptif kualitatif dengan jenis penelitian non hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: hasil persentase kesalahan yang ditemukan dalam karangan deskripsi pada penggunaan tanda baca titik (.) 25%, tanda koma (,) 31%, dan tanda baca hubung (-) 4%. Kesalahan terbanyak terdapat pada penggunaan tanda baca koma (,) sedangkan kesalahan kosakata 40%. Jadi, kesalahan yang dilakukan siswa kurang dari 55% sehingga masih perlu bimbingan dan pengarahan lebih serius lagi tentang penggunaan ejaan dan kosakata dalam karangan deskripsi sehingga tulisan yang dihasilkan lebih tepat penggunaanya..tentang penggunaan tanda baca titik (.), tanda baca koma (,), tanda baca hubung (-) dan kosakata. Kata kunci: Tanda Baca, Kosakata, Karangan Deskripsi
Copyrights © 2020