Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa jauh pengaruh antara minat baca dan penguasaan kosakata terhadap keterampilan menulis teks naratif pada siswa SMP Swasta di Kabupaten Bogor, pengaruh minat baca terhadap keterampilan menulis teks naratif siswa SMP Swasta di Kabupaten Bogor, dan pengaruh penguasaan kosakata terhadap keterampilan menulis teks naratif siswa SMP Swasta di Kabupaten Bogor. Penelitian dilakasanakan di SMP Swasta Al-Ihsan Leuwiliang, SMP Swasta PGRI Kracak, dan SMP Islam Asyidiqiyah. Jenis penelitian ini penelitian kuantitatif korelasional. Subjek penelitian ini berjumlah 58 siswa. Metode penelitian menggunakan survei melalui angket. Teknik analisis data menggunakan teknik deskriptif atau statistik deskriptif regresi ganda. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara Minat Baca dan Penguasaan Kosakata terhadap Keterampilan Menulis Teks Naratif Siswa SMP Swasta di Kabupaten Bogor. Hal ini dibuktikan dengan perolehan nilai Sig. 0,000 < 0,05 dan Fhitung = 29,106. Terdapat pengaruh yang signifikan Minat Baca terhadap Keterampilan Menulis Teks Naratif Siswa SMP Swasta di Kabupaten Bogor. Hal ini dibuktikan dengan perolehan nilai Sig. 0,000 < 0,05 dan thitung = 0,369. Terdapat pengaruh yang signifikan Penguasaan Kosakata terhadap Keterampilan Menulis Teks Naratif Siswa SMP Swasta di Kabupaten Bogor. Hal ini dibuktikan dengan perolehan nilai Sig = 0,000 < 0,05 dan thitung = 7,029. Kata kunci: Minat Baca, Penguasaan Kosakata, dan Keterampilan Menulis Teks Naratif.
Copyrights © 2021