Diskursus: Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia
Vol 4, No 1 (2021): Diskursus: Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia

Pengaruh Minat Baca dan Penguasaan Kosakata terhadap Keterampilan Menulis Teks Naratif

Iqra Juniar Saputra (Universitas Indraprasta PGRI Jakarta)



Article Info

Publish Date
28 Apr 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa jauh pengaruh antara minat baca dan penguasaan kosakata terhadap keterampilan menulis teks naratif pada siswa SMP Swasta di Kabupaten Bogor, pengaruh minat baca terhadap keterampilan menulis teks naratif siswa SMP Swasta  di Kabupaten Bogor, dan pengaruh penguasaan kosakata terhadap keterampilan menulis teks naratif siswa SMP Swasta di Kabupaten Bogor. Penelitian dilakasanakan di SMP Swasta Al-Ihsan Leuwiliang, SMP Swasta PGRI Kracak, dan SMP Islam Asyidiqiyah. Jenis penelitian ini penelitian kuantitatif korelasional. Subjek penelitian ini berjumlah 58 siswa. Metode penelitian menggunakan survei melalui angket. Teknik analisis data menggunakan teknik deskriptif atau statistik deskriptif regresi ganda. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara Minat Baca dan Penguasaan Kosakata terhadap Keterampilan Menulis Teks Naratif Siswa SMP Swasta di Kabupaten Bogor. Hal ini dibuktikan dengan perolehan nilai Sig. 0,000 < 0,05 dan Fhitung = 29,106. Terdapat pengaruh yang signifikan Minat Baca terhadap Keterampilan Menulis Teks Naratif Siswa SMP Swasta di Kabupaten Bogor. Hal ini dibuktikan dengan perolehan nilai Sig. 0,000 < 0,05 dan thitung = 0,369. Terdapat pengaruh yang signifikan Penguasaan Kosakata terhadap Keterampilan Menulis Teks Naratif Siswa SMP Swasta di Kabupaten Bogor. Hal ini dibuktikan dengan perolehan nilai Sig = 0,000 < 0,05 dan thitung = 7,029. Kata kunci: Minat Baca, Penguasaan Kosakata, dan Keterampilan Menulis Teks Naratif.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

diskursus

Publisher

Subject

Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Diskursus: Jurnal Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia is a peer-reviewed scientific open access journal. The journal is dedicated to publishing original articles concerned with research, theory development, or program applications related to Indonesian Language teaching in across ...