Minat menulis pada umumnya masih rendah. Rendahnya kemampuan siswa dalam menulis cerita pendek karena kurangnya minat baca dan penguasaan kosakata yang rendah. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh minat baca dan penguasaan kosakata terhadap kemampuan menulis cerita pendek. Penelitian ini menggunakan Metode Survey. Teknik analisis data yang digunakan ada tiga tahap, yaitu Analisis Deskriptif, Uji Persyaratan Analisis Data, dan Uji Hipotesis Penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: pertama, terdapat pengaruh yang signifikan Minat Baca dan Penguasaan Kosakata secara bersama-sama terhadap Kemampuan Menulis Cerita Pendek. Kedua, terdapat pengaruh yang signifikan Minat Baca terhadap Kemampuan Menulis Cerita Pendek. Ketiga, terdapat pengaruh yang signifikan Penguasaan Kosakata terhadap Kemampuan Menulis Cerita Pendek. Kata Kunci : minat baca, penguasaan kosakata, kemampuan menulis cerita pendek
Copyrights © 2018