Diskursus: Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia
Vol 1, No 02 (2018): Diskursus: Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia

Pengaruh Kecerdasan Interpersonal dan Penguasaan Diksi terhadap Kemampuan Menulis Cerita Pendek

Homsaniwati Homsaniwati (Pascasarjana Universitas Indraprasta PGRI)



Article Info

Publish Date
28 Nov 2019

Abstract

Penelitian survei ini bertujuan untuk menemukan dan menganalisis secara empiris pengaruh kecerdasan interpersonal dan penguasaan diksi secara bersama-sama/parsial terhadap kemampuan menulis cerita pendek. Populasi terjangkau pada penelitian ini adalah siswa kelas XI pada Sekolah Menengah Atas Negeri di Kec. Gambir, Jakarta Pusat, sebanyak 60 responden. Sampel penelitian diperoleh melalui metode simple random sampling. Rancangan penelitian yang digunakan melalui teknik korelasi dengan tiga variabel yang terdiri atas dua variabel bebas, yaitu kecerdasan interpersonal dan penguasaan diksi serta satu variabel terikat, yaitu kemampuan menulis cerita pendek. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik kuesioner serta tes obyektif dan tertulis untuk semua variabel. Data yang terkumpul selanjutnya menggunakan teknik korelasi dan regresi linier berganda.  Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan kecerdasan interpersonal dan penguasaan diksi baik secara bersama-sama maupun secara tersendiri terhadap kemampuan menulis cerita pendek.Kata Kunci: kecerdasan interpersonal, diksi, menulis, cerita pendek

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

diskursus

Publisher

Subject

Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Diskursus: Jurnal Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia is a peer-reviewed scientific open access journal. The journal is dedicated to publishing original articles concerned with research, theory development, or program applications related to Indonesian Language teaching in across ...