Diskursus: Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia
Vol 3, No 01 (2020): Diskursus: Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia

Pengaruh Motivasi Belajar dan Kemampuan Menyimak terhadap Keterampilan Menulis Teks Pidato (Survei pada SMA Negeri di Kota Cilegon)

Agnes Jatu Resani Seno (Universitas Indraprasta PGRI)
Sumaryoto Sumaryoto (Universitas Indraprasta PGRI)



Article Info

Publish Date
21 Jul 2020

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil analisis mengenai: 1) Pengaruh motivasi belajar dan kemampuan menyimak secara bersama-sama terhadap keterampilan menulis pidato Siswa SMA di Kota Cilegon. 2) Pengaruh motivasi belajar terhadap keterampilan menulis teks pidato Siswa SMA Negeri  Kota di Cilegon. 3) Pengaruh kemampuan menyimak terhadap keterampilan menulis teks pidato  Siswa SMA Negeri  Kota di Cilegon. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah sebanyak 91 siswa, yang dilakukan dengan teknik sampling cluster random sampling. Analisis data menggunakan analis Regresi Linear Berganda. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Terdapat pengaruh yang signifikan motivasi belajar dan kemampuan menyimak secara bersama-sama terhadap keterampilan menulis teks pidato pada siswa SMA negeri di Kota Cilegon. Hal ini dibuktikan dengan nilai Sig = 0.000 < 0,05 dan Fhitung =11, 078. 2) Terdapat pengaruh yang signifikan motivasi belajar terhadap keterampilan menulis teks pidato pada siswa SMA negeri di Kota Cilegon. Hal ini dibuktikan dengan nilai Sig = 0.001 < 0,05 dan thitung = 3,515. 3) Terdapat pengaruh yang signifikan kemampuan menyimak terhadap keterampilan menulis teks pidato pada siswa SMA negeri di Kota Cilegon. Hal ini dibuktikan nilai Sig = 0.004 < 0,05 dan thitung = 2,985. Hasil penelitian ini berguna untuk meningkatkan kualitas pembelajaran dan meningkatkan keterampilan menulis teks pidato  di tingkat SMA. Kata Kunci: Motivasi Belajar, Kemampuan Menyimak, Keterampilan Menulis Teks Pidato

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

diskursus

Publisher

Subject

Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Diskursus: Jurnal Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia is a peer-reviewed scientific open access journal. The journal is dedicated to publishing original articles concerned with research, theory development, or program applications related to Indonesian Language teaching in across ...