Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe STAD dan motivasi belajar terhadap hasil belajar Bahasa Indonesia. Populasinya siswa kelas VIII di SMPN 1 Pedes dan SMPN 2 Pedes Tahun Ajaran 2018/2019. Sampel penelitian berjumlah 30 siswa kelas VIII-A sebagai kelas eksperimen dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD yang terdiri dari dua kelompok, yaitu motivasi tinggi dan motivasi rendah, sedangkan kelas VIII-D berjumlah 30 siswa sebagai kelas kontrol dengan menggunakan model pembelajaran konvensional yang terdiri dari dua kelompok, yaitu motivasi tinggi dan motivasi rendah. Data dikumpulkan dengan kuesioner untuk motivasi belajar dan dengan tes untuk hasil belajar bahasa Indonesia. Analisis data menggunakan teknik ANOVA dua arah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) terdapat perbedaan hasil belajar bahasa Indonesia antara siswa yang mengikuti model pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan yang mengikuti model pembelajaran konvensional, 2) terdapat pengaruh interaksi antara model pembelajaran kooperatif tipe STAD dan motivasi belajar terhadap hasil belajar Bahasa Indonesia, di mana model pembelajaran kooperatif tipe STAD lebih unggul daripada model pembelajaran konvesional. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe STAD dan motivasi belajar berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar Bahasa Indonesia pada siswa SMPN di Karawang. Kata Kunci: Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD, Motivasi Belajar, dan Hasil Belajar Bahasa Indonesia
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2018