Diskursus: Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia
Vol 1, No 02 (2018): Diskursus: Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia

Pengaruh Minat Baca dan Pemahaman Unsur Intrinsik terhadap Kemampuan Menulis Cerpen Siswa

Desi Yanuar (Fakultas Pascasarjana, Universitas Indraprasta PGRI)



Article Info

Publish Date
28 Nov 2019

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan menguji kebenaran hipotesis mengenai pengaruh Minat Baca dan Pemahaman Unsur Intrinsik terhadap Kemampuan Menulis Cerpen Siswa. Hipotesis penelitian yang diuji meliputi: 1) Pengaruh minat baca dan pemahaman unsur intrinsik terhadap kemampuan menulis cerpen siswa kelas XI Sekolah Menengah Atas (SMA) Swasta di Pandeglang Banten. 2) Pengaruh minat baca terhadap kemampuan menulis cerpen siswa kelas XI Sekolah Menengah Atas (SMA) Swasta di Pandeglang Banten. 3) Pengaruh pemahaman unsur intrinsik terhadap kemampuan menulis cerpen siswa kelas XI Sekolah Menengah Atas (SMA) Swasta di Pandeglang Banten. Penelitian dilakukan dengan pendekatan kuantitatif yang dianalisis menggunakan statistik kemudian diinterpretasikan dengan analisis deskriptif. Populasi adalah siswa kelas XI SMA Swasta di Pandeglang Banten dengan besar sampel sebanyak 60 siswa, menggunakan teknik sampel acak sederhana. Instrumen penelitian yang digunakan adalah instrumen minat baca sebanyak 38 pernyataan yang telah diuji validitasnya dan reliabilitas. Analisis data menggunakan analisis Statistik Deskriptif dengan penyajian data dalam bentuk tabel distribusi frekuensi dan diagram batang. Kata Kunci: Minat Baca, Pemahaman Unsur Intrinsik, dan Kemampuan Menulis Cerpen

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

diskursus

Publisher

Subject

Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Diskursus: Jurnal Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia is a peer-reviewed scientific open access journal. The journal is dedicated to publishing original articles concerned with research, theory development, or program applications related to Indonesian Language teaching in across ...