Diskursus: Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia
Vol 4, No 2 (2021): Diskursus: Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia

Pengaruh Motivasi Belajar dan Penguasaan Kosakata terhadap Kemampuan Menulis Teks Cerita Fantasi

Septi Farah Nurrahmah (Universitas Indraprasta PGRI)
Sumaryoto Sumaryoto (Universitas Indraprasta PGRI)
Restoeningroem Restoeningroem (Universitas Indraprasta PGRI)



Article Info

Publish Date
07 Oct 2021

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui 1) Pengaruh motivasi belajar dan penguasaan kosakata secara bersama-sama terhadap kemampuan menulis teks cerita fantasi pada siswa SMP Negeri di Jakarta Pusat, 2) Pengaruh motivasi belajar terhadap kemampuan menulis teks cerita fantasi pada Siswa SMP Negeri di Jakarta Pusat, 3) Pengaruh penguasaan kosakata terhadap kemampuan menulis teks cerita fantasi pada Siswa SMP Negeri di Jakarta Pusat. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 85 siswa dengan teknik cluster random sampling. Model statistik yang digunakan adalah regresi linear berganda. Hasil penelitian menyimpulkan : 1) Terdapat pengaruh yang signifikan motivasi belajar dan penguasaan kosakata secara bersama-sama terhadap kemampuan menulis teks cerita fantasi pada siswa SMP Negeri di Jakarta Pusat. Hal ini dibuktikan dengan perolehan nilai Sig. = 0,000 < 0,05 dan Fhitung  = 249,860; 2) Terdapat pengaruh yang signifikan motivasi belajar terhadap kemampuan menulis teks cerita fantasi pada siswa SMP Negeri di Jakarta Pusat. Hal ini dibuktikan dengan perolehan nilai Sig. = 0,000 < 0,05 dan thitung  = 9,122; 3) Terdapat pengaruh yang signifikan penguasaan kosakata terhadap kemampuan menulis teks cerita fantasi pada siswa SMP Negeri di Jakarta Pusat. Hal ini dibuktikan dengan perolehan nilai Sig = 0,002 < 0,05 dan thitung = 3,171. Kata Kunci:     Motivasi Belajar, Penguasaan Kosakata, Kemampuan Menulis Teks Cerita Fantasi

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

diskursus

Publisher

Subject

Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Diskursus: Jurnal Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia is a peer-reviewed scientific open access journal. The journal is dedicated to publishing original articles concerned with research, theory development, or program applications related to Indonesian Language teaching in across ...