Diskursus: Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia
Vol 3, No 01 (2020): Diskursus: Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia

Pengaruh Lingkungan Keluarga dan Motivasi Belajar terhadap Prestasi Belajar Bahasa Indonesia

Anwar Sanusi (Universitas Indraprasta PGRI)
Sumaryoto Sumaryoto (Universitas Indraprasta PGRI)



Article Info

Publish Date
21 Jul 2020

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh lingkungan keluarga dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar bahasa Indonesia. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survei deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri di Kabupaten Bogor dengan jumlah populasi sebanyak 519 dari siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Cibungbulang dan SMP Negeri 1 Cibungbulang pada tahun pelajaran 2018/2019. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Terdapat pengaruh yang signifikan lingkungan keluarga dan motivasi belajar secara bersama-sama terhadap prestasi belajar Bahasa Indonesia Siswa SMP di Kabupaten Bogor. Hal ini dibuktikan dengan perolehan nilai Sig. 0,000< 0,05 dan Fhitung = 74, 067. 2). Tedapat pengaruh yang signifikan lingkungan keluarga terhadap prestasi belajar Bahasa Indonesia Siswa SMP Negeri di Kabupaten Bogor. Hal ini dibuktikan dengan perolehan Sig. 0,000< 0,05 dan thitung 5, 705. 3). Terdapat pengaruh yang signifikan motivasi belajar terhadap prestasi belajar Bahasa Indonesia Siswa SMP Negeri di Kabupaten Bogor. Hal ini dapat dibuktikan dengan perolehan Sig. 0,008< 0,05 dan thitung = 2,747.Kata Kunci: lingkungan keluarga, motivasi belajar, prestasi belajar bahasa Indonesia

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

diskursus

Publisher

Subject

Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Diskursus: Jurnal Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia is a peer-reviewed scientific open access journal. The journal is dedicated to publishing original articles concerned with research, theory development, or program applications related to Indonesian Language teaching in across ...