Diskursus: Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia
Vol 1, No 03 (2018): Diskursus: Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia

Pengaruh Motivasi Ekstrinsik Dan Persepsi Siswa Pada Perpustakaan Sekolah Terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia

Hartinie Hartinie (Universitas Indraprasta PGRI)



Article Info

Publish Date
21 Jul 2020

Abstract

Tujuan penelitian untuk mengetahui Pengaruh Motivasi Ekstrinsik dan Persepsi siswa pada perpustakaan sekolah terhadap Hasil belajar bahasa Indonesia. Hipotesis penelitian ini meliputi: 1) Terdapat pengaruh yang signifikan Motivasi Ekstrinsik dan Persepsi siswa pada perpustakaan sekolah secara bersama-sama terhadap hasil belajar bahasa Indonesia, 2. Terdapat pengaruh yang signifikan Motivasi Ekstrinsik terhadap prestasi belajar bahasa Indonesia 3. Terdapat pengaruh yang signifikan Persepsi siswa pada perpustakaan sekolah terhadap Hasil belajar bahasa Indonesia. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survey deskriptif dengan mengambil sampel sebanyak 88 siswa kelas X tahun ajaran 2018/2019 yang berasal dari tiga Sekolah Menengah Kejuaruan Negeri Kota Tangerang Selatan. Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Terdapat pengaruh yang signifikan motivasi ekstrinsik dan  persepsi siswa pada perpustakaan sekolah  secara bersama-sama terhadap hasil belajar bahasa Indonesia. Hal ini dibuktikan dengan perolehan nilai Fhitung = 6,919 dan Sig. 0,002 < 0,05. Secara bersama-sama variabel motivasi ekstrinsik dan persepsi siswa pada perpustakaan sekolah memberikan kontribusi sebesar 14 % terhadap variabel hasil belajar bahasa Indonesia siswa SMK Negeri di Kota Tangerang Selatan. 2) Terdapat pengaruh yang signifikan motivasi ekstrinsik terhadap hasil belajar bahasa Indonesia. Hal ini dibuktikan dengan perolehan nilai thitung = 3,282 dan Sig. 0,001 < 0,05. Variabel motivasi ekstrinsik memberikan kontribusi sebesar 10,09 % dalam meningkatkan hasil belajar bahasa Indonesia siswa SMK Negeri di Kota Tangerang Selatan. 3). Terdapat pengaruh yang signifikan persepsi siswa pada perpustakaan sekolah terhadap hasil belajar bahasa Indonesia. Hal ini dibuktikan dengan perolehan nilai thitung = 2,186 dan Sig. 0,032 < 0,05. Variabel persepsi siswa pada perpustakaan sekolah memberikan kontribusi sebesar 3,91 % dalam meningkatkan  hasil belajar bahasa Indonesia siswa SMK Negeri di Kota Tangerang Selatan.. Kata Kunci: Motivasi ekstrinsik, persepsi siswa pada perpustakaan sekolah, hasil belajar bahasa Indonesia

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

diskursus

Publisher

Subject

Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Diskursus: Jurnal Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia is a peer-reviewed scientific open access journal. The journal is dedicated to publishing original articles concerned with research, theory development, or program applications related to Indonesian Language teaching in across ...