Diskursus: Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia
Vol 1, No 02 (2018): Diskursus: Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia

Pengaruh Status Sosial Ekonomi Orang Tua dan Lingkungan Belajar terhadap Prestasi Belajar Bahasa Indonesia

Jaka Sunarya (Fakultas Pascasarjana, Universitas Indraprasta PGRI)



Article Info

Publish Date
28 Nov 2019

Abstract

Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui Pengaruh Status social-ekonomi orang tua dan lingkungan belajar terhadap prestasi belajar bahasa Indonesia. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survei deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII MTs Negeri di Jakarta Utara dengan jumlah populasi sebanyak 598 dari siswa kelas VIII MTs Negeri 5 dan MTs Negeri 39 Jakarta Utara. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Terdapat pengaruh yang signifikan status social-ekonomi orang tua dan lingkungan belajar secara bersama-sama terhadap prestasi belajar bahasa Indonesia siswa MTs Negeri Jakarta Utara. Hal ini dibuktikan dengan perolehan nilai Sig. 0,000 < 0,05 dan Fhitung= 50,900. Secara bersama-sama variabel status social-ekonomi orang tua dan lingkungan belajar memberikan kontribusi sebesar 64,1% kepada variable prestasi belajar bahasa Indonesia. 2) Terdapat pengaruh yang signifikan status socialekonomi orang tua terhadap prestasi belajar bahasa Indonesia siswa MTs Negeri Jakarta Utara. Hal ini dibuktikan dengan perolehan nilai Sig.0,000 <0,05 dan thitung = 4,632. Kontribusi yang diberikan variabel status social-ekonomi orang tua kepada variabel prestasi belajar bahasa Indonesia sebesar 26,15%. 3). Terdapat pengaruh yang signifikan lingkungan belajar terhadap prestasi belajar bahasa Indonesia siswa MTs Negeri Jakarta utara. Hal ini dibuktikan dengan perolehan nilai Sig.0,000 < 0,05 dan thitung= 6,050. Kontribuai yang diberikan varialbel lingkunagn belajar kepada variabel prestasi belajar bahasa Indonesia sebesar 37,9% Kata Kunci: status sosial-ekonomi orang tua, lingkungan belajar, prestasi belajar bahasa Indonesi

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

diskursus

Publisher

Subject

Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Diskursus: Jurnal Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia is a peer-reviewed scientific open access journal. The journal is dedicated to publishing original articles concerned with research, theory development, or program applications related to Indonesian Language teaching in across ...