Automotive Experiences
Vol 1 No 03 (2018)

Analisis Temperatur Bahan Bakar pada Reaktor Hydrocarbon Crack System Terhadap Hasil Emisi Engine 4A-FE

Edy Suryono (Akademi Teknologi Warga Surakarta, Indonesia)
Ignatius Henry Adi Nagoro (Akademi Teknologi Warga Surakarta, Indonesia)
Dimas Yoga Satria Wicaksana (Akademi Teknologi Warga Surakarta, Indonesia)



Article Info

Publish Date
19 Dec 2018

Abstract

Makalah ini membahas tentang metode Hydocarbon Crack System (HCS) sebagai salah satu metode yang digunakan untuk menghemat bahan bakar dan mengurangi kandungan emisi gas buang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh temperatur bahan bakar terhadap konsumsi bahan bakar dan emisi gas buang. Metode yang digunakan adalah dengan membuat reaktor Hydocarbon Crack System dengan pemanas yang dibuat dari lilitan nikel. Penelitian ini dilakukan dengan mengkabutkan bahan bakar bertekanan pada temperatur 60 °C, 80 °C, dan 100 °C. Uji konsumsi bahan bakar dan uji emisi dilakukan menggunakan engine 4AFE. Hasil pengujian menunjukkan bahwa tingkat emisi gas buang HC, CO, dan CO2 pada bahan bakar pertamax jauh lebih rendah jika dibandingkan dengan bahan bakar pertalite. Tingkat emisi terendah dicapai pada saat bahan bakar tersebut dipanaskan hingga 80 °C. Perubahan temperatur pada reaktor HCS mempengaruhi waktu konsumsi bahan bakar pertamax sebesar 2,91% dibanding dengan pertalite.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

AutomotiveExperiences

Publisher

Subject

Aerospace Engineering Automotive Engineering Chemical Engineering, Chemistry & Bioengineering Control & Systems Engineering Electrical & Electronics Engineering Energy Materials Science & Nanotechnology Mechanical Engineering

Description

Automotive experiences invite researchers to contribute ideas on the main scope of Emerging automotive technology and environmental issues; Efficiency (fuel, thermal and mechanical); Vehicle safety and driving comfort; Automotive industry and supporting materials; Vehicle maintenance and technical ...