Al-Kharaj: Jurnal Ekonomi, Keuangan & Bisnis Syariah
Vol 4 No 5 (2022): Al-Kharaj: Jurnal Ekonomi, Keuangan & Bisnis Syariah (in Press)

Komunitas Pengusaha Muslim : Pengaruh Motivasi Berwirausaha, Dukungan Finansial dan Peluang Pasar terhadap Niat Berwirausaha

Harridhi Mukminin 'Azmi (Magister Sains Ekonomi Islam Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Airlangga Surabaya)
Sri Herianingrum (Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Airlangga Surabaya)
Dedi Junaedi (IAI Nasional Laa Roiba Bogor)
Muhammad Rizal Arsyad (Universitas Gunadarma)
Faisal Salistia (IAI Nasional Laa Roiba Bogor)



Article Info

Publish Date
28 Feb 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh motivasi kewirausahaan, dukungan finansial dan ketersediaan pasar terhadap niat berwirausaha. Penelitian ini penting dilakukan karena jumlah pengusaha di Indonesia jauh lebih sedikit dibandingkan dengan negara tetangga, seperti Singapura 7 persen, Malaysia 6 persen dan Thailand 5 persen serta mengetahui hubungan motivasi kewirausahaan, dukungan finansial dan ketersediaan pasar terhadap sikap kewirausahaan pengusaha-pengusaha muslim yang tergabung dalam komunitas Forum Bisnis Gontor. Metode penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan data sekunder dan primer. Data sekunder diperoleh dari dari literatur berupa buku dan jurnal yang berkaitan dengan penelitian, sedangkan data primer diperoleh dari dengan menyebarkan kuesioner secara online. Teknik pengumpulan data menggunakan purposive sampling, sedangkan teknik analisa data menggunakan Structural Equation Modeling-Partial Least Square (SEM-PLS). Adapun variabel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu motivasi kewirausahaan, dukungan finansial dan ketersediaan pasar, sikap berwirausaha dan niat berwirausaha. Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi berwirausaha berpengaruh positif terhadap sikap berwirausaha, motivasi berwirausaha tidak berpengaruh terhadap niat berwirausaha, dukungan finansial tidak berpengaruh terhadap sikap berwirausaha, sikap berwirausaha berpengaruh positif terhadap niat berwirausaha, peluang pasar tidak berpengaruh terhadap sikap berwirausaha dan peluang pasar tidak berpengaruh terhadap niat berwirausaha. Temuan penelitian ini memberikan bukti bahwa motivasi berwirausaha memberikan dampak terhadap sikap para pengusaha muslim dalam berwirausaha.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

alkharaj

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Social Sciences

Description

AL-KHARAJ: The Journal of Islamic Economics, Finance & Business is a scientific journal published by the Center for Research and Strategic Studies (PRKS) of the Institute of Islamic Religion (IAI) National Laa Roiba Bogor. This journal contains scientific papers from academics, researchers and ...