Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh motivasi kewirausahaan, dukungan finansial dan ketersediaan pasar terhadap niat berwirausaha. Penelitian ini penting dilakukan karena jumlah pengusaha di Indonesia jauh lebih sedikit dibandingkan dengan negara tetangga, seperti Singapura 7 persen, Malaysia 6 persen dan Thailand 5 persen serta mengetahui hubungan motivasi kewirausahaan, dukungan finansial dan ketersediaan pasar terhadap sikap kewirausahaan pengusaha-pengusaha muslim yang tergabung dalam komunitas Forum Bisnis Gontor. Metode penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan data sekunder dan primer. Data sekunder diperoleh dari dari literatur berupa buku dan jurnal yang berkaitan dengan penelitian, sedangkan data primer diperoleh dari dengan menyebarkan kuesioner secara online. Teknik pengumpulan data menggunakan purposive sampling, sedangkan teknik analisa data menggunakan Structural Equation Modeling-Partial Least Square (SEM-PLS). Adapun variabel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu motivasi kewirausahaan, dukungan finansial dan ketersediaan pasar, sikap berwirausaha dan niat berwirausaha. Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi berwirausaha berpengaruh positif terhadap sikap berwirausaha, motivasi berwirausaha tidak berpengaruh terhadap niat berwirausaha, dukungan finansial tidak berpengaruh terhadap sikap berwirausaha, sikap berwirausaha berpengaruh positif terhadap niat berwirausaha, peluang pasar tidak berpengaruh terhadap sikap berwirausaha dan peluang pasar tidak berpengaruh terhadap niat berwirausaha. Temuan penelitian ini memberikan bukti bahwa motivasi berwirausaha memberikan dampak terhadap sikap para pengusaha muslim dalam berwirausaha.
Copyrights © 2022