Penelitian ini berfokus tentang bagaimana Analisis Wacana Berita Corporate Social Responsibility (CSR) Perusahaan Tambang PT Antam (Aneka Tambang) Tbk Pada Media Online Zonasultra.Com. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Analisis Wacana Berita Corporate Social Responsibility (CSR) Perusahaan Tambang PT Antam (Aneka Tambang) Tbk Pada Media Online Zonasultra.Com.  Penelitian ini menggunakan metode analisis Van Dijk dan Pengumpulan data dalam penelitian menggunakan observasi, dokumentasi dan studi pustaka. Adapun Teori yang digunakan dalam penelitian adalah teori jarum hipodermik.           Hasil penelitian tentang Analisis Wacana Berita Corporate Social Responsibility (CSR) Perusahaan Tambang PT Antam (Aneka Tambang) Tbk pada media online zonasultra.com dengan menggunakan anaslisis wacana Van Dijk diperoleh hasil bahwa wacana yang diangkat dalam pemberitaan masalah CSR PT. ANTAM pada media online zonasultra.com tersebut yakni ingin menyampaikan kepada khalayak bahwasanya perusahaan tambang PT ANTAM jelas memberikan bantuan dana CSR kepada masyarakat daerah lingkar tambang, ini terlihat dalam teks berita bahwa yang lebih mendominasi sebagian pemberitaan adalah pihak perusahaan dan pemerintah setempat. Sedangkan masyarakat yang menerima bantuan tidak diberikan akses untuk mengungkapkan pendapat atau aspirasinya. Padahal yang menjadi titik fokus dari penerimaan bantuan tersebut adalah masyarakat.Kata kunci : Wacana Berita, CSR, Perusahaan Tambang, PT. Aneka Tambang, Media Online, Zonasultra.com
Copyrights © 2020