DIKMAT: Jurnal Pendidikan Matematika
Vol 2, No 02 (2021): Oktober 2021

UPAYA MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR IPA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE PADA SISWA KELAS IX-8 MTSN 2 KOTA BIMA

Nuraini, Siti (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 Oct 2021

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan setiap siklus terdiri dari 4 (empat) komponen, yaitu: rencana tindakan (plan), pelaksanaan tindakan (action), observasi atau evaluasi (observation/evaluation), dan refleksi (reflection). Subyek penelitian ini adalah siswa kelas IX-8  sebanyak 32 siswa yang terdiri dari 10 orang siswa laki-laki dan 22 orang siswa perempuan. Penelitian dilaksanakan pada semester 1 tahun pelajaran 2019/2020. Indikator keberhasilan penilitian ini adalah jika nilai prestasi belajar siswa di atas KKM yaitu 70 dan target ketuntasan belajar 85%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peningkatan ketuntasan belajar dari 18,75% atau 6 siswa pada studi awal, menjadi 14 siswa atau 43,75% pada siklus pertama, dan 96,88% pada siklus kedua atau 31 siswa tuntas dari jumlah keseluruhan siswa sebanyak 32 siswa. Selain itu, keaktifan belajar siswa terus meningkat dari 18,75% atau 6 siswa  pada studi awal menjadi, 43,75% atau 14 siswa, dan pada akhir siklus kedua menjadi 96,88% atau semua siswa aktif dalam pembelajaran. Dengan demikian penerapan model metode think pair share  dapat meningkatkan hasil belajar dan aktivitas siswa pada pembelajaran IPA siswa kelas kelas IX-8  MTsN 2  Kota Bima Tahun Pelajaran 2020/2021.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

Dikmat

Publisher

Subject

Mathematics

Description

Jurnal Pendidikan Matematika yang diterbitkan oleh STKIP Harapan Bima dengan periode terbit setiap bulan Oktober dan April (dua kali setahun). Jurnal ini menerbitkan artikel studi konseptual dan menganalisis hasil penelitian ...