Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan setiap siklus terdiri dari 4 (empat) komponen, yaitu: rencana tindakan (plan), pelaksanaan tindakan (action), observasi atau evaluasi (observation/evaluation), dan refleksi (reflection). Subyek penelitian ini adalah siswa kelas IX-8 sebanyak 32 siswa yang terdiri dari 10 orang siswa laki-laki dan 22 orang siswa perempuan. Penelitian dilaksanakan pada semester 1 tahun pelajaran 2019/2020. Indikator keberhasilan penilitian ini adalah jika nilai prestasi belajar siswa di atas KKM yaitu 70 dan target ketuntasan belajar 85%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peningkatan ketuntasan belajar dari 18,75% atau 6 siswa pada studi awal, menjadi 14 siswa atau 43,75% pada siklus pertama, dan 96,88% pada siklus kedua atau 31 siswa tuntas dari jumlah keseluruhan siswa sebanyak 32 siswa. Selain itu, keaktifan belajar siswa terus meningkat dari 18,75% atau 6 siswa pada studi awal menjadi, 43,75% atau 14 siswa, dan pada akhir siklus kedua menjadi 96,88% atau semua siswa aktif dalam pembelajaran. Dengan demikian penerapan model metode think pair share dapat meningkatkan hasil belajar dan aktivitas siswa pada pembelajaran IPA siswa kelas kelas IX-8 MTsN 2 Kota Bima Tahun Pelajaran 2020/2021.
Copyrights © 2021