DIKMAT: Jurnal Pendidikan Matematika
Vol 2, No 01 (2021): DIKMAT April 2021

PENERAPAN METODE GUIDE INQUIRY DALAM UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA KELAS IX-5 MTs NEGERI 2 KOTA BIMA

Z Zakiyah (MTs Negeri 2 Kota Bima, NTB, Indonesia)



Article Info

Publish Date
25 Apr 2021

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas, dengan tujuan untuk meningkatkan prestasi belajar siswa. Penelitian ini dilakukan dengan dua siklus pada siswa kelas IX-5 MTs Negeri 02 Kota Bima sejumlah 33 orang. Penelitian ini dilaksanakan pada tanggal 2 Oktober 2017 sampai dengan 9 Oktober 2017. Instrumen pada penelitian ini adalah RPP, lembar observasi siswa dan guru, angket dan soal-soal. Teknik analisis yang digunakan yaitu deskriptif persentase. Data hasil penelitian yang dianalisis meliputi rata-rata kelas, ketuntasan belajar individu dan ketuntasan belajar secara klasikal. Dari hasil analisis dan pembahasan pada siklus I siswa yang mendapat nilai di atas KKM= 70 ada 21 siswa atau 63,6% siswa yang tuntas secara klasikal, hal ini tidak memenuhi indikator, sehingga penelitian dilanjutkan ke siklus II. Pada siklus II siswa yang mendapat di atas KKM= 70 ada 30 siswa atau 90,9% dari 33 siswa yang tuntas secara klasikal. Dari siklus I kemudian dilaksanakan siklus II prestasi siswa mengalami prosentase kenaikan 27,3%. Berdasarkan hal tersebut, maka penerapan Metode Guide inquiry dapat meningkatkan prestasi belajar Matematika siswa Kelas IX-5 MTs Negeri 02 Kota Bima.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

Dikmat

Publisher

Subject

Mathematics

Description

Jurnal Pendidikan Matematika yang diterbitkan oleh STKIP Harapan Bima dengan periode terbit setiap bulan Oktober dan April (dua kali setahun). Jurnal ini menerbitkan artikel studi konseptual dan menganalisis hasil penelitian ...