Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas, dengan tujuan untuk meningkatkan prestasi belajar siswa. Penelitian ini dilakukan dengan dua siklus pada siswa kelas IX-5 MTs Negeri 02 Kota Bima sejumlah 33 orang. Penelitian ini dilaksanakan pada tanggal 2 Oktober 2017 sampai dengan 9 Oktober 2017. Instrumen pada penelitian ini adalah RPP, lembar observasi siswa dan guru, angket dan soal-soal. Teknik analisis yang digunakan yaitu deskriptif persentase. Data hasil penelitian yang dianalisis meliputi rata-rata kelas, ketuntasan belajar individu dan ketuntasan belajar secara klasikal. Dari hasil analisis dan pembahasan pada siklus I siswa yang mendapat nilai di atas KKM= 70 ada 21 siswa atau 63,6% siswa yang tuntas secara klasikal, hal ini tidak memenuhi indikator, sehingga penelitian dilanjutkan ke siklus II. Pada siklus II siswa yang mendapat di atas KKM= 70 ada 30 siswa atau 90,9% dari 33 siswa yang tuntas secara klasikal. Dari siklus I kemudian dilaksanakan siklus II prestasi siswa mengalami prosentase kenaikan 27,3%. Berdasarkan hal tersebut, maka penerapan Metode Guide inquiry dapat meningkatkan prestasi belajar Matematika siswa Kelas IX-5 MTs Negeri 02 Kota Bima.
Copyrights © 2021