Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Model pembelajaran yang digunakan pada penelitian ini adalah Problem Based Learning dengan tujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini dilakukan dengan dua siklus pada siswa kelas IX-4 MTs Negeri 02 Kota Bima sejumlah 32 orang. Penelitian ini dilaksanakan pada tanggal 8 Maret 2018 sampai dengan 15 Maret 2018. Instrumen pada penelitian ini adalah RPP, lembar observasi siswa dan guru, angket dan soal-soal. Teknik analisis yang digunakan yaitu deskriptif persentase. Data hasil penelitian yang dianalisis meliputi rata-rata kelas, ketuntasan belajar individu dan ketuntasan belajar secara klasikal. Dari hasil analisis dan pembahasan pada siklus I siswa yang mendapat nilai di atas KKM= 70 ada 21 siswa atau 65,6% siswa yang tuntas secara klasikal, hal ini tidak memenuhi indikator, sehingga penelitian dilanjutkan ke siklus II. Pada siklus II siswa yang mendapat di atas KKM= 70 ada 28 siswa atau 87,5% dari 32 siswa yang tuntas secara klasikal. Dari siklus I kemudian dilaksanakan siklus II prestasi siswa mengalami prosentase kenaikan 21,9%. Berdasarkan hal tersebut, maka penerapan Metode Problems Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar Matematika siswa kelas IX-4 MTs Negeri 02 Kota Bima.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2021