Dalam menerapkan rencana pemasaran diperlukan keahlian dalam mengenali dan mendiagnosa masalah yang terjadi, kemamapuan menerapkan dan kemampuan untuk mengevaluasi hasil penerapan. Setiap perusahaan harus meningkatkan kinerja perusahaannya untuk menciptkan kondisi perusahaan yang baik agar kelangsungan hidup perusahaan nantinya lebih baik pula. Salah satu kinerja yang perlu mendapat pengawasan adalah kinerja pemasaran yang merupakan tolak ukur pelaksanaan kegiatan pemasaran yang telah di jalankan sehingga memperoleh hasil yang maksimal. Tujuan Penelitian ini adalah: Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kinerja pemasaran CV. Gardu Antiq Furniture tahun 2012 dan tahun 2013. Hasil yang diperoleh adalah: 1. Pertumbuhan efisiensi kinerja penjualan antara lain rencana penjualan dan realisasi penjualan usaha selama tahun 2012 sampai 2013 yaitu pada tahun 2012 selisih rencana dan realisasi kurang dari Rp. 6.095.000 dan pada tahun 2013 penjualan lebih menjadi Rp. 188.940.000. 2. Efisiensi biaya rasio biaya pemasaran terhadap penjualan pada mebel CV. Gardu antiq Furniture Situbondo pada tahun 2012 untuk biaya pemasaran ke daerah local dan luar negeri sebesar Rp. 54.650.000 dan 2013 sebesar Rp. 109.500.000 dengan rata-rata Rp. 82.075.000 atau rata-rata persentasenya 6,5 %. 3. Berdasarkan hasil kinerja profitabilitas yaitu laba yang diterima untuk daerah lokal dan luar negeri di tahun 2012 sebesar Rp. 107.266.000 dan tahun 2013 sebesar Rp. 287.724.000 dengan rata-rata Rp. 194.495.000 atau persentase profitabilitasnya 15 %. 4. Secara keseluruhan evaluasi kinerja pemasaran mebel CV. Gardu Antiq Furniture hampir menunjukkan kinerja yang baik.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2015