Tujuan penyusunan skripsi ini dimaksudkan untuk mendeskripsikan kualitas pelayanan publik di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Mempawah, yang difokuskan kepada pembuatan Akta kelahiran. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kualitas pelayanan publik dilihat dari: (1) dimensi kehandalan pegawai dalam menangani setiap keluhan pelayanan belum sesuai dengan harapan dan keinginan masyarakat. (2) dimensi ketanggapan pegawai sudah menunjukkan sikap tanggap membantu masyarakat ketika mengalami kesulitan pada proses pelayanan pembuatan Akta Kelahiran. (3) dimensi jaminan, ketepatan jaminan tepat waktu pelayanan, terlihat masih adanya keluhan dari masyarakat terkait dengan ketepatan waktu Akta kelahiran. (4) dimensi emphati Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Mempawah sudah menunjukkan upaya meningkatkan kualitas pelayanan yaitu dengan memberikan kesan menyenangkan dalam proses pelayanan pelaksanaan pelayanan. (5) dimensi bukti fisik belum memenuhi fasilitas pelayanan yang memadai dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat. Rekomendasi yang dapat peneliti sampaikan yaitu Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Mempawah perlu meningkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat dengan prosedur yang jelas, mudah dan sederhana dalam proses pembuatan Akta Kelahiran, meningkatkan kompetensi sumber daya pegawai serta perlu menambah sarana prasarana guna meningkatkan kualitas pelayanan. Kat-kata Kunci : Kualitas Pelayanan, Pelayanan Publik
Copyrights © 2018