Pelaksanaan PKH di desa Sungai Kakap memiliki hambatan seperti kurangnya jumlah pendamping PKH di kecamatan Sungai Kakap, pelimpahan wewenang yang kurang jelas dalam penentuan penerima bantuan PKH, dan jumlah bantuan tunai PKH di desa Sungai Kakap terlalu sedikit. Penelitian ini bermaksud untuk mengetahui dan menganalisis efektivitas pelaksanaan Program Keluarga Harapan dibidang Pendidikan, dalam menganalisis efektivitas tersebut menggunakan ukuran efektivitas yang univariasi menurut R.M Steers dengan variabel produktivitas dan keseluruhan prestasi sehingga dapat diketahui efektivitas PKH bidang pendidikan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa berdasarkan 2 pengukuran efektivitas pelaksanaan Program Keluarga Harapan di bidang Pendidikan di desa Sungai Kakap yaitu produktivitas dan keseluruhan prestasi, pelaksanaan Program Keluarga Harapan di bidang Pendidikan di Desa Sungai Kakap Kabupaten Kubu Raya masih kurang efektif, hal tersebut diketahui berdasarkan aspek produktivitas bahwa pelaksanaan PKH di bidang pendidikan di desa Sungai Kakap tidak produktif, karena belum mampu meningkatkan taraf pendidikan bagi penerima bantuan PKH serta belum bisa meningkatkan akses dan kualitas pelayanan pendidikan dan dari aspek keseluruhan prestasi menunjukkan bahwa pelaksanaan PKH dibidang Pendidikan di desa Sungai Kakap tidak berprestasi, karena masih belum sepenuhnya tepat sasaran sesuai dengan kriteria PKH dan belum mampu mencapai tujuan PKH bidang pendidikan. Saran dari penelitian ini adalah dalam pelaksanaan PKH selanjutnya, pendamping PKH harus berperan aktif dalam melaksanakan tugas rutin dan perlu adanya penambahan pendamping PKH yang memiliki komitmen untuk melaksanakan tugasnya. Kata-kata Kunci : PKH, Efektivitas Pelaksanaan Program, Bidang Pendidikan
Copyrights © 2015