PublikA, Jurnal Ilmu Administrasi Negara
Vol 8, No 3 (2019): PublikA, Edisi September 2019

KUALITAS PELAYANAN BADAN PENYELENGGARA JAMINAN SOSIAL KESEHATAN PADA BADAN USAHA PT. MATAHARI DEPARTEMENT STORE,TBK AYANI PONTIANAK

NIM. E01112037, Dewi Mariani (FISIP Untan)
*, Pudjianto (Doktor administrasi publik)
*, Sitorus (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Sep 2019

Abstract

Penulisan skripsi ini dimaksudkan untuk memberikan pemahaman dan informasi mengenai kualitas pelayanan BPJS Kesehatan pada badan usaha PT. Matahari Departemnet Store,Tbk Ayani Pontianak. Permasalahan yang umumnya terjadi di hampir pelayanan BPJS Kesehatan, dan permasalahan itu terjadi di badan usaha PT. Matahari Departement Store,Tbk Ayani Pontianak, sangat menarik untuk diteliti mengingat begitu banyaknya peserta karyawan yang komplen tentang pelayanan BPJS Kesehatan yang belum optimal dan dari pihak badan usaha juga masih mengatakan bahwa pelayanan BPJS Kesehatan dalam sistem administrasinya belum begitu maksimal. Melalui metode pendekatan kualitatif deskriftif, penelitian ini juga dimaksudkan, agar proses pelayanan BPJS Kesehatan terus membaik. Dengan menggunakan analisis Kualitas Pelayanan menurut Zeithaml-Parasurman-Berry dalam Harbani Pasolong (2010), Tangibles (Bukti Langsung), Reliability (Keandalan), Responsiveness (Ketanggapan), Assurance (Jaminan), dan Empathy (Empati) dalam meningkatkan kualitas pelayanan BPJS Kesehatan pada badan usaha PT. Matahari Departement Store,Tbk Ayani Pontianak. Data dikumpulkan melalui teknik observasi dan wawancara. Berdasarkan hasil penelitian, dapat diketahui bahwa kualitas pelayanan BPJS Kesehatan pada badan usaha PT. Matahari Departement Store,Tbk Ayani Pontianak masih ada kekurangan dan belum optimal, diantaranya tetang pendaftaran peserta, fasilitas dan iuran yang masih perlu di tingkatkan secara lebih optimal. Dari permasalahan yang ada saran untuk BPJS Kesehatan dalam memberikan pelayanan dapat di ukur dari kualitas pelayanan yang ada. Kata Kunci: Kualitas Pelayanan, BPJS Kesehatan, Peserta QUALITY OF SERVICES OF ORGANIZING HEALTH SOCIAL GUARANTEE IN BUSINESS AGENCIES PT. MATAHARI DEPARTEMENT STORE,TBK AYANI PONTIANAK

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

publika

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Publika adalah jurnal akses terbuka, dan peer-review. Tujuan utama kami adalah untuk menyebarluaskan artikel terkini dan asli dari para peneliti dan praktisi tentang berbagai masalah sosial dan politik kontemporer: kebijakan publik, administrasi pembangunan, manajemen ...