Tujuan yang hendak dicapai dari penelitian ini adalah ingin mengetahui tentang kualitas pelayanan terhadap pasien peserta BPJS Instalasi Rawat Jalan RSUD Dr. Soedarso Pontianak. Permasalahan dalam penelitian ini adalah Pasien BPJS yang mau berobat ke RSUD Dr. Soedarso harus melalui rujukan RSUD Kabupaten atau Puskesmas, Pasien BPJS merasa kurang puas dengan pelayanan dari tenaga medik dan saat berobat pasien BPJS sering mendapatkan diskriminasi. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori Parasuratman at.all tentang dimensi pokok kualitas pelayanan, karena pelayanan berkaitan dengan jasa yang diterima oleh masyarakat selaku pelanggan. Hasil penelitian yang penulis peroleh dilapangan tentang pelayanan kesehatan bagi pasien peserta BPJS Rawat Jalan di RSUD Dr. Soedarso Pontianak belum berjalan dengan baik sesuai dengan harapan pasien atau masyarakat yang membutuhkan, hal inidapa dilihat dari masih ditemukan permasalahan-permasalahan yang terjadi. Pelayanan yang diberikan oleh pihak RSUD Dr. Soedarso Pontianak dan BPJS dinilai masih belum memuaskan bagi peserta BPJS Rawat Jalan. Saran dari penelitian ini adalah pihak Rumah Sakit perlu menyediakan ruang tunggu yang bisa menampung banyaknya pasien yang datang serta menabah jumlah kursi roda khususnya untuk Instalasi Rawat Jalan, bisa melakukan komunikasi dengan lebih baik serta adanya kepastian waktu jam kunjungan Dokter. Kata Kunci: Pelayanan, BPJS, RSUD Dr. Soedarso, Instalasi Rawat Jalan.
Copyrights © 2016