PublikA, Jurnal Ilmu Administrasi Negara
Vol 4, No 1 (2015): PublikA, edisi Maret 2015

EVALUASI IMPLEMENTASI KEBIJAKAN SERTIFIKASI GURU DI SEKOLAH DASAR NEGERI 13 KOTA PONTIANAK

NIM. E01110107, ULIN FAISA (fisip)



Article Info

Publish Date
20 Apr 2015

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah kurangnya minat guru yang telah disertifikasi untuk menguasai teknologi dalam mempermudah proses penyampaian materi di Sekolah Dasar Negeri 13 Kota Pontianak dan nilai siswa-siswi di sekolah tersebut masih kurang signifikan. Penyelenggaraan kebijakan ini sesuai dengan Undang-Undang No.14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen. Berdasarkan Teori dari Winardi (dalam Wibawa 1994:8) tentang evaluasi. Evaluasi disini untuk mengetahui input program, standar implementasi yang baik sesuai standar efisien dan ekonomis serta kelompok sasaran mendapatkan pelayanan yang telah didesain oleh kebijakan ini. Metode yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif. Hasil penelitian adalah guru sudah dapat dikatakan layak dan dalam pelaksanaan belajar-mengajar, guru dapat menguasai materi pada saat proses belajar mengajar serta jika ada nilai siswa-siswi yang kurang dari KKM guru bersangkutan berusaha mengadakan remedial dan menganalisis materi mana yang dianggap sulit oleh siswa-siswi dan menambah nilai yang ada dengan nilai harian mereka agar bisa mencapai KKM yang telah ditetapkan. Namun hanya sedikit sekali guru yang menggunakan perangkat IT dalam proses belajar mengajar serta nilai siswa belum naik secara signifikan dilihat dari nilai kelulusan siswa setiap tahunnya setelah adanya kebijakan ini. Saran yang dapat penulis berikan adalah untuk Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Pontianak untuk mengevaluasi kebijakan ini dan memberikan pelatihan penggunaan IT seperti penggunaan laptop dan infokus kepada guru yang telah disertifikasi. Untuk guru yang telah disertifikasi di Sekolah Dasar Negeri 13 Kota Pontianak untuk disiplin dan patuh terhadap jadwal jam masuk kerja dan jam mengajar serta menampilkan kepribadian sepatutnya seorang guru agar kebijakan ini dapat meningkatkan kemampuan guru dalam menggunakan perangkat IT dan nilai siswa secara signifikan. Kata-kata kunci: Sertifikasi Guru, Teknologi, Input, Evaluasi.

Copyrights © 2015






Journal Info

Abbrev

publika

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Publika adalah jurnal akses terbuka, dan peer-review. Tujuan utama kami adalah untuk menyebarluaskan artikel terkini dan asli dari para peneliti dan praktisi tentang berbagai masalah sosial dan politik kontemporer: kebijakan publik, administrasi pembangunan, manajemen ...