Al-Fashahah: Journal of Arabic Education, Linguistics, and Literature
Vol 1, No 1 (2021): Al-Fashahah: Journal of Arabic Education, Linguistics, and Literature

Efektivitas Metode Mimicry-Memorization (Mim-Mem) dalam Penguasaan Kosakata (Mufradat) Siswa Kelas X SMA Pesantren Tarbiyah Takalar

Sari, Rizka Wulan (Unknown)
Syamsuddin, Bachtiar (Unknown)
Dalle, Ambo (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 May 2021

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian Quasi Experimental Design yang bertujuan untuk melihat dengan aman menggunakan metode mimicry-memorization (mim-mem) dalam penguasaan kosakata (mufradat) siswa kelas X SMA Pesantren Tarbiyah Takalar. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah penggunaan metode mimikri-menghafal (mim-mem), sedangkan variabel terikatnya adalah penguasaan kosakata (mufaradat). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Pesantren Tarbiyah Takalar, seluruh siswa kelas X SMA Pesantren Tarbiyah Takalar sebanyak 40 siswa yang terdiri dari kelas XB sebagai kelas eksperimen dengan jumlah siswa 20 orang dan kelas XA sebagai kelas kontrol dengan jumlah 20 siswa yang dipilih dengan teknik total sampel (total sampling).Data hasil penelitian dengan memberikan pre-test dan post-test tertulis pada materi “Sekolah Secara Umum”. Hasil perhitungan uji-t pada taraf signifikan 0,05 diperoleh nilai thitung 3,148 ˃ ttabel 2,03. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode mimikri-menghafal (mim-mem) efektif dalam penguasaan kosakata (mufradat) siswa kelas X SMA Pesantren Tarbiyah Takalar.Kata Kunci: Efektivitas, Mimikri-Memorisasi (Mim-Mem), Penguasaan Kosakata (Mufradat).

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

Al-Fashahah

Publisher

Subject

Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Al-Fashahah is published by the Arabic Language Education Study Program, Department of Foreign Languages, Faculty of Languages and Letters, Makassar State University. It is a research journal that publishes various research reports, literature studies and scientific writings with the object of ...