Penelitian ini adalah penelitian Quasi Experimental Design yang bertujuan untuk melihat dengan aman menggunakan metode mimicry-memorization (mim-mem) dalam penguasaan kosakata (mufradat) siswa kelas X SMA Pesantren Tarbiyah Takalar. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah penggunaan metode mimikri-menghafal (mim-mem), sedangkan variabel terikatnya adalah penguasaan kosakata (mufaradat). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Pesantren Tarbiyah Takalar, seluruh siswa kelas X SMA Pesantren Tarbiyah Takalar sebanyak 40 siswa yang terdiri dari kelas XB sebagai kelas eksperimen dengan jumlah siswa 20 orang dan kelas XA sebagai kelas kontrol dengan jumlah 20 siswa yang dipilih dengan teknik total sampel (total sampling).Data hasil penelitian dengan memberikan pre-test dan post-test tertulis pada materi “Sekolah Secara Umumâ€. Hasil perhitungan uji-t pada taraf signifikan 0,05 diperoleh nilai thitung 3,148 ˃ ttabel 2,03. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode mimikri-menghafal (mim-mem) efektif dalam penguasaan kosakata (mufradat) siswa kelas X SMA Pesantren Tarbiyah Takalar.Kata Kunci: Efektivitas, Mimikri-Memorisasi (Mim-Mem), Penguasaan Kosakata (Mufradat).
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2021