Artikel ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis proses pemberdayaan terhadap UMKM di masa pandemik covid-19. UD Pedharingan sebagai mitra yang didampingi dalam pemberdayaan ini memiliki permasalahan kurangnya pemahaman mengenai digital marketing yaitu promosi dan penjualan secara online (daring) dengan memanfaatkan jejaring sosial atau platform. Permasalahan lainnya adalah packaging yang kurang menarik serta perlunya sumber daya manusia (SDM) yang memahami digital marketing dan marketplace. Pendampingan Digitalisasi UMKM UD Pedharingan berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi ini bertujuan membantu meningkatkan kegiatan perekonomian desa berbasis digital atau Digitalisasi UMKM. Metode yang dilakukan adalah melalui pendampingan dan pelatihan marketing berbasis digital. Hasilnya ada peningkatan kapasitas UD Pedharingan dalam melakukan digital marketing, pengetahuan tentang marketplace, pembuatan media sosial UMKM dan pembuatan kemasan ulang produk UMKM.
Copyrights © 2021