Jurnal Penelitian Geografi (JPG)
Vol 8, No 1 (2020): Jurnal Penelitian Geografi (JPG)

Pengaruh Belajar Kelompok Melalui Inkuiri Terhadap Hasil Belajar Kelas XI SMAN 13 Bandar Lampung

Selly Septi Pertama (Unknown)
M. Thoha B.S. Jaya (Unknown)
Sudarmi Sudarmi (Unknown)



Article Info

Publish Date
04 Jul 2019

Abstract

The object of this research is to find out and analyze (1) the differences between the students who used cooperative learning inquiry as a learning model and used conventional model as a learning model. (2) the influence of using inquiry learning model to the students learning result in geography subject. This research used quasy experimental method which compared the learning results before and after the learning model was being applied. The data of this research were analyzed by using t-test and simple linear regression. The result of this research proved that the experiment class had a higher score then the control class, and inquiry learning method was affected the results.  Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis (1) perbedaan hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran inkuiri dengan hasil belajar siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional (2) pengaruh aktivitas belajar melalui model pembelajaran inkuiri terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran geografi. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen semu yaitu metode yang membandingkan hasil belajar dengan pemberian perlakuan pada suatu objek. Data dianalisis menggunakan uji t-tes dan regresi linier sederhana. Hasil penelitian membuktikan bahwa dimana kelas eksperimen lebih tinggi rata-rata hasil belajarnya dari kelas kontrol, dan ada pengaruh model pembelajaran inkuiri terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran geografi.Kata kunci: aktivitas belajar, hasil belajar, model inkuiri

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

JPG

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Humanities Earth & Planetary Sciences Environmental Science Social Sciences

Description

Jurnal Penelitian Geografi merupakan jurnal yang diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Geografi Jurusan Ilmu Pengetahuan Sosial Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Lampung. Jurnal ini berisikan kumpulan karya ilmiah dalam bentuk artikel baik berupa skripsi, tesis, ataupun ...