Media Pustakawan
Vol 26, No 4 (2019): Desember

Perancangan Chat Bot Messenger Dengan Pendekatan User Centered Design (Studi Kasus : Perpustakaan Fakultas Teknik UGM)

Nova Indah Wijayanti (Universitas Gadjah Mada)
Rita Yulianti (Universitas Gadjah Mada)
Bagus Wijaya (Universitas Gadjah Mada)



Article Info

Publish Date
23 Dec 2019

Abstract

Revolusi industri dalam bidang informasi di Perpustakaan telah mengalami perkembangan.. Tantangan yang dihadapi oleh perpustakaan adalah bagaimana penerapan konsep 4.0 ini disesuaikan dengan sumber daya yang dimiliki perpustakaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana merancang dan mengembangkan chatbot yang berfungsi sebagai customer service.  Metode penelitian yang digunakan dengan Google Design Sprint yang terdiri dari Understand, Define, Diverge, Decide, Prototype  dan  Validate. Analisis data menggunakan user centered design yaitu kesesuaian antara desain dengan kebutuhan dan keinginan pengguna. Hasil dan Pembahasan yaitu penerapan Artificial Intelligence di Perpustakaan dengan cara memasang chatbot untuk pekerjaan customer service bisa dilakukan dengan memanfaatkan aplikasi manychat. Fitur yang dipasang disesuaikan dengan FAQ (Frequanlty Ask Question) yang telah didokumentasikan di Perpustakaan.  Hasil penelitian adalah chatbot berhasil dipasang dan bisa berfungsi dengan baik melalui usability test. Untuk hasil lebih optimal dibutuhkan integrasi dengan channel komunikasi lain yang dimiliki oleh perpustakaan.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

mp

Publisher

Subject

Library & Information Science

Description

Jurnal Media Pustakawan merupakan terbitan Perpustakaan Nasional, Pusat Pembinaa Pustakawan(Pusat Pembinaan Pustakawan) yang berfokus pada bidang ilmu perpustakaan dan informasi khususnya yang berhubungan dengan pengembangan kepustakawanan . Artikel Jurnal yang diterbitkan merupakan hasil kajian ...