Penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh tax planning, profitabilitas dan pengungkapan corporate social responsibility terhadap nilai perusahaan dengan ukuran perusahaan sebagai variabel moderasi. Tax planing, profitabilitas dan pengungkapan corporate social responsibility digunakan sebagai variabel independen dan nilai perusahaan digunakan sebagai variabel dependen. Serta ukuran perusahaan sebagai variabel moderasi. Penelitian ini dilakukan pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) tahun 2016-2020. Cara penentuan sampel dalam penelitian ini menggunakan metode purposive sampling sehingga dari 193 populasi diperoleh sampel sebanyak 59 perusahaan. Data pada penelitian ini dianalisis dengan teknik analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa profitabilitas secara parsial mempengaruhi nilai perusahaan. Sedangkan perencanaan pajak dan pengungkapan corporate social responsibility tidak berpengaruh signifikan secara parsial terhadap nilai perusahaan. Profitabilitas dan pengungkapan corporate social responsibility yang dimoderasi oleh ukuran perusahaan mempengaruhi nilai perusahaan, sedangkan perencanaan pajak yang dimoderasi oleh ukuran perusahaan tidak mempengaruhi nilai perusahaan.
Copyrights © 2020