Banyak perusahaan rugi ketika menggunakan tunneling incentive akibat meningkatnya harga transfer terhadap perusahaan induk atau pemegang saham pengendali Perbedaan tarif beban pajak antar berbagai negara membuaat perusahaan multinasional cenderong mendorong untuk melakukan manipulasi harga transfer pricing, dan masih banyak perusahaan menggunakan exchange rate dalam melakukan keputusan transfer pricing. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh beban pajak, tunneling incentive, exchange rate, ukuran perusahaan dan profitabilitas terhadap transfer pricing. Metode pengumpulan sampel dengan menggunakan purpose sampling, dengan jumlah sampel sebanyak 35 perusahaan pada perusahaan Manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) periode 2016-2020. Data pada penelitian ini di analisis dengan teknik analisis regresi data panel dengan menggunakan Eviews 10. Hasil penelitian yang didapatkan adalah: (a) variabel beban pajak tidak berpengaruh signifikan terhadap transfer pricing (b) variabel tunneling incentive tidak berpengaruh signifikan terhadap transfer pricing (c) variabel exchange rate tidak berpengruh signifikan terhadap transfer pricing (d) ukuran perusahaan pengaruh positif dan signifikan terhadap transfer prcing dan (e) profitabilitas tidak berpengaruh signifikan terhadap transfer pricing.
Copyrights © 2020